Mengembangkan Bisnis Frozen Food: Berikut Peluangnya

mengembangkan bisnis frozen ala duniamasak via pixabay.com

Mengembangkan bisnis makanan memang memiliki risiko tersendiri. Salah satu risiko terbesar adalah makanan tidak laku terjual pada hari yang sama dan terancam dibuang. Maka dari itu, jika kamu ingin mengembangkan bisnis makanan, salah satu yang risikonya paling kecil adalah mengembangkan bisnis frozen food. Mengapa? Karena frozen food lebih tahan lama dan juga disukai banyak orang. Apa saja sih frozen food yang paling laku di pasaran? Intip yuk!

Mengembangkan Bisnis Frozen Food dengan Beberapa Jenis Makanan ini

mengembangkan bisnis frozen food
Sosis via pixabay.com

Berikut adalah jenis-jenis frozen food yang akan laku di pasaran:

Sosis

Sosis bisa diolah menjadi berbagai macam jenis olahan makanan. Sosis pun terdiri dari olahan daging sapi atau ayam. Banyak peminat untuk jenis frozen food yang satu ini. Biasanya yang paling menyukai makanan ini adalah anak-anak. Untuk membuka usaha ini kamu membutuhkan mesin sosis. Mesin sosis sendiri sangat bervariasi. Salah satu yang paling diminati adalah mesin giling dan langsung di cetak seperti sosis.

Mesin ini sangat mempermudahmu untuk mengolah berbagai varian rasa sosis. Setelah mesin penggiling kamu pun membutuhkan chiller sebagai tempat penyimpanan sosis yang telah diproduksi. Hal ini berguna agar makanan tetap aman dan tahan lama untik dikonsmsi.

Bakso

Selanjutnya makanan yang paling laku di pasaran lainnya adalah bakso. Berbagai macam olahan makananpun dapat dibuat dari bakso. Para penggila makanan akan senang apa lagi olahan makanannya ditambah bakso. Apalagi yang paling diminati adalah bakso dengan kuah sup ayam. Nah untuk membuat bakso kamu bisa dibantu dengan mesin giling daging dan mesin cetak bakso. Ada juga mesin bakso yang bisa untuk mencetak sosis. Jadi kamu bisa membuka usaha frozen food dua macam sekaligus. Namun jika kamu belum memiliki modal untuk membeli mesin, kamu bisa mencetaknya dengan menggunakan sendok yang dibentuk bulatan. Hasilnya hampir mirip kok!

Baca lainnya  Membuat Mie Rumahan Anti Gagal dengan Bahan Berikut Ini!

Siomay

Makanan yang terbuat dari olahan ikan tenggiri ini juga termasuk jenis frozen food yang banyak dicari pembeli. Biasanya siomay bukan untuk lauk namun dijadikan camilan. Seperti camilan di sore hari saat hujan, biasanya siomay sangat dicari-cari. Nah untuk membuka usaha ini kamu pun membutuhkan mesin giling ikan dan alat pencetak siomay. Namun jangan khawatir, kamu pun masih bisa mencetaknya menggunakan tangan sama halnya dengan bakso.

Nugget

Makanan olahan dari daging ayam, ikan, dan sapi yang diberi tepung panir ini ternyata berkembang pesat setelah merek frozen food ternama meluncurkannya. Makanan ini biasanya selalu ada di setiap kulkas kebanyakan kita. Selain praktis makanan ini pun digemari hampir untuk semua kalangan. Cara membuatnya dengan menggiling halus daging kemudian dicampur dengan tepung, bumbu dan air sehingga mengemulsi. Setelah itu, baru digoreng hingga matang. Produk ini pun mampu dikemas dan dibekukan. Untuk mengkonsumsinya nugget bisa juga digoreng kembali.

Fish Stick

Salah produk dari frozen food yang terbaru bernama fish stick yang merupakan potongan daging ikan tanpa tulang. Biasanya terbuat dari ikan kakap dan tenggiri karena dagingnya yang tebal dan mudah difilet. Ikan ini biasanya di potong menjadi bagian balok-balok kecil dengan ukuran 5 x 1,5 x 1 cm. Ikan ini pun hampir sama halnya dengan nugget sangat digemari dan disimpan di kulkas masing-masing kita.

Baca lainnya  9 Makanan Pantangan untuk Kamu yang Memiliki Kulit Berminyak

Risol

Makanan yang terbuat dari tepung terigu, telur, daging cincang, sayuran kentang, wortel dan seledri ini berbentuk lonjong. Dan biasanya disajikan dalam bentuk digoreng. Meski banyak dijual di pasaran, risol ini juga seringkali disediakan dalam bentuk frozen food sehingga bisa dimakan kapan saja tanpa harus ke pasar.

Pempek

Makanan khas Sumatera selatan ini ternyata masuk ke dalam jenis usaha frozen food. Karena pempek merupakan makanan yang awet ketika dibekukan. Namun, pempek agak berbeda dengan jenis frozen food lainnya. Makanan ini juga harus ditaburi dengan terigu untuk meningkatkan keawetannya atau agar tidak berlendir.

Tekwan Instan

Makanan yang satu ini juga termasuk salah satu makanan khas sumatera selatan. Sama halnya dengan pempek, makanan ini juga sangat digemari lho. Baru-baru ini, tekwan juga dijadikan sebagai salah satu usaha frozen food rebus. Karena setelah dibekukan tekwan harus direbus agar kenyal dan bisa langsung dimakan dengan kuah yang sudah diberi bumbu bawang putih, garam, rebon dan lain. Nikmat pokoknya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!