Mengenal Manfaat dan Jenis Cooling Rack Untuk Pembuatan Kue

cooling rack via freepik ala duniamasak

Saat membuat kue, tentu banyak peralatan yang diperlukan yaitu mulai dari membuat adonan hingga finishing untuk menghias kue. Akhir-akhir ini, ada satu peralatan kue yang sangat diminati oleh banyak orang karena memiliki fungsi yang cukup penting. Ya, cooling rack atau rak pendingin kue biasanya digunakan untuk mendinginkan adonan kue yang baru keluar dari oven.

Manfaat Cooling Rack

Umumnya, rak pendingin kue terbuat dari besi stainless steel yang dilapisi dengan krom agar adonan tidak menempel. Dengan bentuk yang menyerupai saringan dan lubang yang berjarak cukup jauh, cooling rack mempunyai manfaat sebagai pembuka sirkulasi udara agar tekstur adonan kue tidak menjadi terlalu lembek atau tidak semakin basah. Maka dari itu, peralatan ini lebih sering digunakan untuk pembuatan kue kering agar teksturnya menjadi renyah. Selain itu, rak pendingin kue pun mampu mengurangi potensi kegosongan pada kue. Hal ini bisa terjadi karena udara yang terus mengalir melalui sela-sela lubang dan akan membuka ruang didalam kue sehingga tingkat kematangannya bisa lebih maksimal. Dan sesuai dengan bentuknya, rak ini juga berfungsi sebagai saringan minyak agar tetesan pada adonannya tidak berantakan kemana-mana.

Baca lainnya  Tips Agar Pisau Dapur Tidak Sering Tumpul Lagi!

Jenis-jenis Rak Pendingin Kue

Dengan banyaknya kue yang bisa dikreasikan, tentu rak pendingin kue juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari bentuk persegi, persegi panjang, hingga lingkaran. Tidak hanya itu, rak pendingin kue juga memiliki tingkatan seperti layaknya rak biasa yang berbentuk tingkatan atas bawah.

Flat Cooling Rack

Cooling rack rak pendingin kue wilton lipat via duniamasak.com
Rak pendingin kue flat dan lipat via duniamasak.com

Jenis ini adalah rak pendingin kue yang paling sering ditemui. Flat Cooling Rack banyak digunakan oleh baker karena terbilang sederhana dan lebih mudah untuk penyimpanannya. Jenis ini tersedia dalam bentuk persegi panjang ataupun lingkaran.

Tier Cooling Rack

Cooling Rack rak pendingin kue wilton 3 tier via duniamasak.com
Rak pendingin kue tier via duniamasak.com

Sesuai dengan namanya, jenis rak pendingin kue yang satu ini adalah yang mempunyai bentuk bertingkat. Umumnya, Tier Cooling Rack memiliki 2-4 tingkat dengan jarak ± 10 cm. Untuk baker yang sudah rutin memanggang kue dalam kapasitas besar, jenis ini bisa menjadi favorit karena bisa menampung kue dalam jumlah yang banyak dan tentunya hemat ruang. Biasanya, rak pendingin kue bertingkat ini tersedia dalam bentuk persegi panjang.

Baca lainnya  BAMBOE, Cita Rasa Bumbu Dengan Kearifan Lokal Indonesia
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!