Menggunakan Kompor Listrik untuk Apartemen, Efektif Nggak sih?

Menggunakan Kompor Listrik di Apartemen via freepik.com

Kompor listrik memang menjadi pilihan banyak orang saat ini. Selain perawatannya yang simple dan mudah, kompor ini lebih diminati karena menambah kesan elegan dan minimalis di dapur rumah. Berbagai merk kompor juga bisa dengan mudah kamu temui di pasar maupun di toko online.

Sama halnya seperti kompor-kompor yang lain, kompor Listrik merupakan salah satu peralatan dapur yang difungsikan sebagai peralatan masak. Namun, kelebihan yang ditawarkan kompor ini adalah irit bahan bakar seperti gas atau minyak. Selain itu, ruangan dapur-mu akan lebih efisien. Nah, selain untuk kebutuhan rumah tangga, ternyata banyak apartemen yang lebih memilih menggunakan kompor listrik. Sebenarnya efisien nggak sih kompor listrik digunakan di apartemen? Simak penjelasan DuniaMasak berikut ya!

Kompor Listrik Efektif Nggak Sih Bagi Kamu yang Tinggal di Apartemen?

Kelebihan Kompor Listrik via www.builddailys.com

Kelebihan Kompor Listrik via www.builddailys.com

Bagi orang-orang yang memilih tinggal di apartemen dengan alasan ingin hidup se-simple mungkin agar mendukung semua kegiatan yang membuat super sibuk di luar rumah. Apakah dengan menggunakan kompor listrik menjadi pilihan yang tepat?

Kelebihan Kompor Listrik

Kompor Listrik Modena via DuniaMasak.com

Kompor Listrik Modena via DuniaMasak.com

Kelebihan dari kompor ini adalah terjamin kehigienisannya serta aman. Mengapa aman? Karena saat kamu menyentuh bagian kompor tidak akan terasa panas dan hanya berfungsi ketika kamu meletakkan wadah berbahan logam saja.

Baca lainnya  Penyakit-penyakit yang Timbul Akibat Mengonsumsi Mie Instan

Kamu bahkan bisa men-setting tingkat suhu panas yang diinginkan sehingga makanan yang dimasak akan matang sempurna. Cara penggunaanya juga sangat mudah dan bisa dipahami oleh siapapun yakni dengan menghubungkannya saja ke listrik.

Untuk perawatan kompor listrik juga praktis dan tak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan uang. Kompor ini lebih bertenaga dan efisien sebab mampu memaksimalkan daya sesuai kebutuhan memasak yang kamu butuhkan.

Dikarenakan sifatnya yang permanen, kamu hanya butuh mengeluarkan uang sekali saja dan dapat digunakan berkali – kali. Berbeda dengan kompor gas yang perlu mengganti tabung gas jika sudah habis. Kompor listrik juga lebih ramah lingkungan ketimbang jenis kompor lainnya. Selain itu kamu juga tidak takut lagi akan kebocoran gas yang mampu menimbulkan ledakan. Tak heran banyak pula masyarakat Indonesia khususnya perkotaan untuk berpindah dari kompor  gas menjadi kompor listrik untuk kebutuhan memasak.

Kekurangan Kompor Listrik

Ada beberapa hal yang menjadi kekurangan dari kompor listrik satu ini. Kekurangannya ialah sebagai berikut :

  1. Tidak berfungsi tanpa adanya sumber listrik. Tentu kamu tidak dapat memasak jika listrik di rumah anda padam.
  2. Permukaan dari kompor listrik ini datar sehingga jika alat masak tidak datar kamu pasti akan kerepotan. Salah satu contohnya jika kamu ingin menggunakan wajan pasti sangat repot.
  3. Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam menggunakan kompor listrik ini membutuhkan tenaga listrik yang besar. Umumnya memerlukan energi 400-1000 watt dan jika menggunakan energi 100 watt pengaturannya membutuhkan waktu yang lama.
  4. Bagi kompor listrik yang menggunakan controller chip maka peralatan memasak harus terbuat dari stainless steel atau aluminium. Jika tidak maka kompor ini tak akan bereaksi pada peralatan memasakmu.
  5. Permukaan kompor yang datar dan kecil maka kamu tidak bisa menggunakan kompor ini untuk memasak dengan peralatan yang permukaannya amat  lebar.
  6. Berhati – hatilah jika kompor listrikmu menggunakan kumparan kawat sebab saat dinyalakan kamu tidak boleh menyentuh permukaan kompor ini karena sangat berbahaya.
Baca lainnya  9 Makanan Pantangan untuk Kamu yang Memiliki Kulit Berminyak

Dari penjelasan duniamasak di atas, kamu bisa memilih sebaiknya menggunakan kompor jenis apa untuk kebutuhan apartemenmu. Tak perlu ragu lagi ya!  Dishare yuk!

 

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!