Berikut Cara Menghemat Listrik untuk Kulkas 1 Pintu!

Tips Menghemat Listrik Kulkas 1 Pintu via consumerreports.org

Banyak yang menganggap kulkas adalah peralatan elektronik rumah tangga yang boros listrik. Padahal, bisa jadi itu disebabkan cara penggunaannya yang salah lho! Prinsip kerja kulkas adalah perpindahan kalor (panas), bermula dari kompresor yang berfungsi sebagai tenaga penggerak. Nah, tim duma mempunyai tips menghemat listrik nih. Jangan laewatkan informasinya berikut ini!

Berikut Tips Menghemat Listrik untuk Kulkas 1 Pintu

Kulkas 1 Pintu Panasonic untuk menghemat listrik via www.duniamasak.com

Kulkas 1 Pintu Panasonic via www.duniamasak.com

Oiya, untuk langkah awal penataan kulkas, ternyata berpengaruh terhadap cara menghemat listrik lho! Jarak dengan langit-langit sebaiknya 30 cm. Kemudian, jauhkan dari kompor, oven, dan semua barang yang dapat menghasilkan panas.

Perhatikan Suhu Kulkas

Trik menghemat listrik untuk langkah awal adalah kamu harus mengatur suhu kulkas agar tidak terlalu rendah. Sebab, akan mendorong kompresor untuk bergerak. Suhu ideal untuk kulkas adalah 2-4 derajat celcius. Sedangkan untuk bagian pembeku (freezer) suhu yang dianjurkan adalah -15 derajat celcius.

Baca lainnya  Percaya atau Tidak, Berikut Buah yang Berbahaya untuk Dikonsumsi!

Atur Isi Kulkasmu

Selanjutnya, yang harus jadi perhatian khusus adalah mengatur isi dari kulkas itu sendiri. Jangan biarkan kulkas kosong dan juga jangan menyimpan makanan terlalu banyak ataupun menumpuk ya! Lalu, makanan atau minuman yang masih panas sebaiknya tidak langsung disimpan pada kulkas. Hal ini akan memacu kerja kompresor lebih keras. Selain mengatur isi kulkas, kamu juga harus giat untuk membersihkannya, terutama pada bagian-bagain tertentu seperti freezer dan bagian belakang kulkas (kondensor). Pada bagian freezer kerap muncul tumpukan butiran es dan cairan.

Selain itu, bagian belakang kulkas juga menjadi tempat tumpukan debu. Sehingga, usahakan agar kondensor tidak tertutup tumpukan debu. Semakin bersih kulkas maka semakin kecil energi yang dipakai untuk mempertahankan suhu.

Baca lainnya  Sarapan Ala Orang Asia, Banyak Mencuri Perhatian

Tertib dalam Penggunaannya

Terakhir untuk menghemat listrik kulkasmu adalah tertib dalam penggunaannya. Salah satu bentuk tertib dalam menggunakan kulkas adalah dengan tidak sering membuka tutup kulkas. Menurut penelitian, seringnya kamu membuka dan menutup kulkas akan meningkatkan konsumsi energi refrigerator.

Ketika kulkas dibuka, udara hangat dan lembap dari luar akan bercampur dengan udara dingin di dalamnya. Kemudian, udara hangat suhunya akan turun. Hal inilah yang menyebabkan kulkasmu membutuhkan energi ekstra untuk melakukan proses pendinginan.

Semoga tips menghemat listik untuk kulkasmu ini bermanfaat ya! jangan lupa share informasi ini ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!