Penyakit-penyakit yang Timbul Akibat Mengonsumsi Mie Instan

Penyakit yang timbul akibat mengonsumsi mie instan ala duniamasak via pexels.com
Sahabat duma, terserang berbagai macam penyakit tentu sangat mengganggu kegiatan sehari-hari kita ya! Banyak cara untuk menghindarinya termasuk berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Namun, umumnya masyarakat Indonesia sangat suka mengonsumsi mie instan. Padahal bayak penyakit yang bisa ditimbulkan akibat mengonsumsi mie instan.  Apa saja kira-kira? yuk lihat di bawah ini!

Akibat Mengonsumsi Mie Instan Terlalu Banyak

Akibat mengonsumsi mie via pixabay.com

Akibat mengonsumsi mie via pixabay.com

Tekanan Darah Tinggi

Mie instan merupakan makanan yang kandungan sodium atau garamnya yang sangat tinggi. Mengonsumsi mie instan akan berbahaya apabila kamu terlalu sering mengonsumsinya. Masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi hingga gagal ginjal timbul akibat mengonsumsi mie instan.

Meningkatkan Risiko Terkena Kanker

Sering mengonsumsi mie instan berpotensi mengundang masalah kesehatan seperti kanker. Hal ini disebabkan oleh jumlah MSG dan bahan pengawetnya yang terlalu banyak. Apalagi jika mie instan ini berjenis mie gelas, bahan gelas ini biasanya terbuat bahan kimia yang juga bisa membahayakan tubuh kita.

Baca lainnya  Jangan Dibuang: Berikut Manfaat Kulit Jeruk yang Belum Kamu Ketahui

Merusak Hati

Bahan antibeku dalam mie instan yang sering disebut Humectant sangat berpotensi membuat organ penting seperti hati rusak. Kandungan ini berperan sekali membuat mie cepat mengering namun akan merusak tubuh apabila terlalu banyak masuk kedalam tubuh.

Kerusakan Metabolisme

Sistem metabolisme juga bisa rusak oleh kebiasaan mengonsumsi mie instan yang tidak masuk akal. Zat pengawet, pewarna dan perasanya sangat berpotensi mengendap dalam tubuh lalu berubah menjadi racun yang akan secara perlahan merusak sistem metabolisme tubuhmu.

Diabetes

Mie instan meski memiliki rasa cenderung gurih juga mengandung banyak kandungan gula yang akan menyebabkan penyakit Diabetes. Secara tidak langsung kandungan gula tersebut diserap secara baik oleh tubuh kita.

Mengganggu Hormon Bagi Wanita

Mengonsumsi mie rutin atau berlebihan bagi wanita memberi bahaya tersendiri salah satunya mengangganggu hormon karena sodium yang terkandung dalam Mie Instan. Hal ini menyebabkan jadwal bulanan seperti menstruasi dapat terganggu hingga menimbulkan terjadinya jerawat.

Baca lainnya  Perawatan untuk Gilingan Mie Anti Karat Ala Dunia Masak

Menggangu Hormon Seks Bagi Pria

Jika bagi wanita menganggu hormon bulanan, bagi pria efek negatif dari mengonsumsi mie instan juga berlaku. Mie Instan yang kaya akan zat kimia akan mengganggu hormon pria dalam hal seks di mana mereka tidak dapat mengontrol gairah seks mereka.

Menghambat Penyerapan Nutrisi

Tidak sedikit orangtua yang memberi anaknya makanan instan berupa Mie. Karena alasan – alasan khusus seperti masalah waktu ataupun karena memang menjadi makanan kesukaan. Padahal mie instan sangat tidak baik untuk pertumbuhan anak–anak. Hal ini dikarenakan mie instan menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh anak–anak. Apa lagi bagi anak–anak yang masih berusia di bawah 6 tahun.

Keguguran Bagi Wanita Hamil

Bagi para wanita yang sedang hamil, hindarilah makan mie instan. Zat kimia dalam mie instan juga pengawet yang kuat dapat menyebabkan keguguran. Jangan sampai sesuatu yang sudah dinantikan sejak lama harus hilang karena mie instan ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!