Menu Bakaran Untuk Pesta Tahun Baru

Sebentar lagi kita akan menyambut tahun baru 2020 nih! Sahabat Duma sudah menyiapkan acara apa untuk merayakan pergantian tahun nanti di malam tahun baru? Biasanya pasti akan mengadakan acara masak bakar-bakaran atau lebih dikenal dengan sebutan barbecue yang menyajikan beraneka macam makanan. Sudah tau mau masak apa? Jika belum dan masih bingung, yuk simak rekomendasi menu bakaran untuk pesta tahun baru ala Duniamasak.com!

6 Menu Bakaran Untuk Pesta Tahun Baru

Jagung Bakar

Menu bakaran tahun baru jagung bakar via freepik ala duniamasak
Jagung bakar via freepik

Berbicara soal bakar-bakar, tidak lengkap jika tidak dihidangkan makanan ini. Santapan ini sangat terkenal di daerah yang dingin karena dapat menghangatkan suasana. Ya, siapa disini yang suka mengonsumsi jagung, apalagi dibakar? Dengan diolesi saus manis, asin, pedas; jagung akan terasa lebih nikmat dann gurih. Olesan mentega pun juga akan membuat aroma jagung lebih wangi dan dijamin bikin ngiler!

Ikan Bakar

Menu bakaran tahun baru ikan via freepik ala duniamasak
Ikan bakar via freepik

Salah satu makanan laut yang lezat untuk dijadikan menu bakaran yaitu ikan. Ikan yang digunakan bisa berupa ikan gurame, kakap, dan bawal. Sebelum dibakar, umumnya ikan akan dikerat tubuhnya agar lebih matang merata dan bumbu meresap hingga kedalam masakan. Untuk bumbunya, sahabat Duma bisa memakai kecap manis dan asin, bumbu kuning, dan asam manis. Selain ikan, seafood yang bisa melengkapi menu barbecue yaitu cumi, udang dan kerang.

Baca lainnya  Rekomendasi Kado Hari Ibu, Banyak Pilihan!

Ayam Bakar

Menu bakaran tahun baru ayam bakar via freepik ala duniamasak
Ayam bakar via freepik

Walau sudah biasa dimakan sehari-hari, namun menu yang satu ini tidak mungkin bisa terlewatkan. Dari semua bagian ayam baik dada,paha,sayap; semuanya bisa dijadikan menu bakaran. Sebelum dimasak, jangan lupa untuk membumbui ayam menggunakan bawang, lada, dan garam lalu ungkep terlebih dahulu agar semakin empuk. Sebelum dibakar, lumuri juga dengan bumbu kecap agar lebih enak.

Sate Bakar

Menu bakaran tahun baru sate bakar via freepik ala duniamasak
Sate bakar via freepik

Jika tidak ingin menyantap daging yang masih utuh, tentu bisa dijadikan olahan sate. Sate atau satai merupakan hidangan yang terbuat dari daging yang telah dipotong kecil lalu ditusuk pada tulang lidi atau bambu kemudian dibakar. Sebelum dibakar, biasanya sate akan dicampurkan dengan berbagai macam bumbu seperti kecap, saus, garam, dan lada. Daging yang dipakai untuk membuat hidangan sate pun beragam misalnya daging ayam, kambing, sapi, kelinci, ikan, dan masih banyak lagi.

Sosis Bakar

Sosis bakar via freepik ala duniamasak
Sosis bakar via freepik

Menu barbecue yang satu ini adalah makanan paling wajib! Hidangan ini juga bisa dihidangkan dengan cara ditusuk seperti sate. Sosis adalah hidangan yang terbuat dari daging cincang dan lemak hewan lalu dicampurkan dengan rempah dan bahan lainnya sehingga mempunyai rasa bawaan. Umumnya, pada acara masak bakaran, sosis yang paling digemari adalah dari daging ayam dan sapi yang bisa dibeli di supermarket sehingga lebih praktis dan tinggal dibakar sesuai selera.

Baca lainnya  Kegunaan Pisau Bergerigi, Untuk Apa Saja Ya?

Marshmallow

Marshmallow via freepik ala duniamasak
Marshmallow via freepik

Kalau menu yang satu ini, umumnya disukai oleh anak-anak. Manisan kenyal atau yang terkenal dengan nama marshmallow adalah makanan ringan yang mempunyai tekstur seperti busa lembut yang manis. Jika marshmallow dibakar di atas api, bagian luar marshmallow akan mengalami karamelisasi dan bagian dalamnya akan sedikit meleleh. Tekstur marshmallow yang sudah dibakar ini menjadikan sensasi menyantap hidangan manis yang luar biasa dan digemari anak-anak.

Duh, Duma semakin tidak sabar untuk masak bersama keluarga dan kerabat di malam tahun baru nanti. Jangan lupa untuk membeli terompet dan kembang api agar semakin memeriahkan perayaan tahun baru 2020. Tulis juga di kolom komentar menu bakaran apa yang sahabat Duma sukai ya 😀

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan