Menu Takjil di Berbagai Negara, Unik Lho!

Menu takjil di berbagai negara Hummus timur tengah via freepik

Menu takjil di Indonesia biasanya diramaikan oleh beberapa hidangan seperti kolak, gorengan, bubur sum-sum dan juga es buah. Bisa dibilang itu adalah menu takjil khas Indonesia. Namun, apakah sahabat Duma pernah berpikir bahwa di berbagai negara juga memiliki menu takjil seperti halnya di Indonesia? Yuk kita intip menu takjil di berbagai negara!

Ini Dia Menu Takjil di Berbagai Negara, Enak dan Unik!

Menu takjil memang hal yang paling kita tunggu-tunggu setelah seharian berpuasa. Tak jarang kita akan menemukan menu takjil yang selalu ada setiap harinya di rumah kita, misalnya saja gorengan. Bila di Indonesia memiliki hidangan takjil yang khas, yuk kita lihat juga menu takjil di berbagai negara berikut ini!

Harira – Maroko

Takjil di Berbagai Negara harira via thespruceeats.com ala tim duniamasak.com
Harira via thespruceeats.com

Menu takjil di Maroko adalah Harira. Makanan ini berasal dari rebusan daging cincang domba yang dimasak dengan rempah-rempah seperti kayu manis, bawang, peterseli dan ketumbar tidak hanya itu saja harira juga dicampur dengan chickpea dan tomat.

Baca lainnya  Konsumsi Buah-buahan ini, Untuk Hilangkan Karang Gigi

Hummus – Lebanon

Takjil di Berbagai Negara Hummus via freepik
Hummus via freepik

Jika di Maroko ada harira maka di Lebanon ada takjil hummus. Bahan dasar dari hummus ini adalah kacang arab yang dihaluskan, garam, air lemon, lentini, minyak zaitun serta beberapa bumbu tambahan lainnya sehingga menciptakan rasa gurih dan juga asin saat menyantapnya.

Gullac – Turki

gullac via umroh.com ala tim duniamasak.com
Gullac via umroh.com

Gullac merupakan salah satu takjil yang khas di Turki. Sekilas mirip dengan puding karena memiliki tekstur yang lembut. Bahan dasar makanan ini adalah air sari mawar, tepung terigu dan tepung maizena. Apalagi bila ditambahkan potongan buah, rasanya pun semakin menggugah selera.

Maritozza – Italia

akjil di Berbagai Negara maritozza via zeroseimalta.com ala tim duniamasak.com
Maritozza via zeroseimalta.com

Maritozza adalah makanan roti yang memiliki bentuk oval dengan isian krim manis yang semakin menambah rasa nikmat. Biasanya marirtozza disajikan bersama dengan manisan kulit jeruk dan juga kismis.

Kaak – Tunisia

Kaak via karenskitchenstories.com ala tim duniamasak.com
Kaak via karenskitchenstories.com

Di Tunisia, sahabat Duma akan sering menjumpai kaak yang banyak dijuaal ketika bulan Ramadan sebagai takjil. Bentuknya seperti donat namun kaak memiliki keunikan tersendiri. Ketika di panggang, kaak akan mengeras namun ketika sudah diangkat dan dingin kaak menjadi lembut teksturnya.

Baca lainnya  Red Velvet Berasal dari Cokelat? Sudah Tahu?

Kothu Paratta – India & Sri Lanka

kothu paratta via hungryforever.com ala tim duniamasak.com
Kothu paratta via hungryforever.com

Kothu paratta adalah makanan yang berbentuk roti pipih yang dicincang dan kemudian dimasak dengan sayur, daging dan juga telur serta tambahan bumbu-bumbu khas seperti Saus Salna. Banyak yang menjadikan menu takjil kothu paratta sebagai menu favorit lho sahbat Duma!

Mansaf & Qatayef – Yordania

Mansaf dan qatayef via kordanews ala tim duniamasak.com
Mansaf dan qatayef via kordanews

Mansaf adalah makanan yang dibuat dari daging domba yang telah dibumbui dengan rempah rempah dan dihidangkan bersamaan dengan nasi. Bisa dibilang mansaf adalah makanan beratnya, sedangkan qatayef adalah makanan penutup. Qatayef sendiri merupakan makanan yang mirip dengan pancake yang diisi dengan gula dan adonan kacang kenari.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!