Menyeduh Kopi Dengan Ibrik Bikin Kopi Tambah Menarik

kopi dengan ibrik via freepik ala tim duniamasak

Kopi adalah minuman yang sangat melekat pada kehidupan kita sehari-hari. Bayangkan saja, banyaknya kedai-kedai kopi yang menjamur saat ini membuktikkan bahwa kopi adalah minuman yang memang sangat dicintai oleh masyarakat Indonesia. Berbicara soal kopi, pernahkan sahabat Duma menyeduh kopi dengan ibrik? Ibrik adalah alat kopi yang awalnya diperkenalkan di negara Turki. Jika sahabat Duma penasaran dengan Ibrik dan bagaimana cara menggunakannya? Yuk kita simak ulasannya berikut.

Seduhan Kopi Lewat Ibrik

kopi dengan ibrik via freepik ala tim duniamasak
Kopi dengan ibrik via freepik

Seduhan kopi tidak hanya sekedar memanaskan air kemudian mencampurnya dengan kopi dan gula. Seduhan kopi bagi sebagian orang perlu meninggalkan kesan agar kopi yang disajikan pun tidak sekedar minuman kopi biasa. Seduhan kopi yang menarik salah satunya dapat dimiliki dari alat kopi Ibrik. Ibrik merupakan alat kopi yang berada sejak ratusan tahun lalu dan menjadi salah satu alat kopi tertua didunia. Selain itu Ibrik juga dinobatkan sebagai warisan budaya negara Timur oleh UNESCO.

Baca lainnya  Percaya atau Tidak, Berikut Buah yang Berbahaya untuk Dikonsumsi!

Rasa Kopi dari Ibrik

Umumnya setiap alat kopi memiliki ciri khas masing-masing, seperti halnya ibrik. Namun saat ini sangat jarang kita temukan ibrik yang digunakan pada kedai kopi. Mungkin karena kopi yang diseduh menggunakan ibrik akan menimbulkan rasa khas kopi yang sangat kuat dan pahit. Padahal, jika kita pandai membuat kreasi kopi kita dapat menghasilkan rasa kopi yang ramah semua kalangan.

Cara Penyajian Kopi

Perlu sahabat Duma pahami, bahwa ibrik bukanlah jenis kopi melainkan alat pengolah kopi ataupun alat yang digunaka untuk menyeduh kopi khas Turki. Kopi yang diseduh dengan Ibrik membuat seduhan kopi tersebut tambah menarik. Pasalnya, kopi, gula dan 2/3 air dimasukkan kedalam ibrik dan diletakkan diatas api hingga air mendidih. Setelah itu kopi pun dituang kedalam gelas kecil dan siap disajikan. Hal tersebut membuat kopi yang disajikan dengan seduhan ibrik sangat berbeda dari kopi kebanyakan.

Baca lainnya  Olahan Cemilan dari Buah ini Harus Kamu Cobain Dirumah, Mudah Dibuat & Sehat!

Ibrik dan Negara Timur

Ibrik sendiri ditemukan pada abad ke-16 dan memang kopi yang diseduh dengan ibrik ini sangat terkenal didaerah Timut Tengah. Adapun negara yang tidak asing dengan alat kopi adalah Mesir dan beberapa negara Eropa lainnya. Bahkan saking terkenalnya, alat kopi ibrik ini pun menyebar hingga ke negeri paman sam.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!