Mesin Pengolah Makanan yang Harus Dimiliki untuk Memulai Bisnis Kuliner

mesin pengolah makanan yang harus dimiliki via structuraconcept.com

Membuat restoran atau rumah makan sendiri adalah impian besar bagi sebagian orang. Untuk memulainya keberanian saja tidaklah cukup, dibutuhkan pengetahuan tentang bidang yang akan kamu geluti serta modal yang memadai untuk menunjang kebutuhan dalam berbisnis. Salah satunya adalah mesin yang dapat mempermudah pengolahan bahan makanan sehingga dapat berproduksi dengan jumlah besar dan lebih cepat, seperti berikut ini.

Beberapa Mesin Pengolah Makanan yang Wajib Kamu Miliki

mesin pengolah makanan via pixabay
kulkas via pixabay

Kompor

Merupakan kebutuhan yang sangat wajib dimiliki dalam mempermudah proses memasak, karena kompor memiliki banyak kegunaan yang menunjang semua pembuatan jenis makanan. Kompor berperan besar dalam menggoreng, menumis, merebus, mengukus, ataupun memanggang bahan makanan.

Oven

Mesin ini berperan penting pada makanan yang membutuhkan proses pemanggangan. Dengan memanfaatkan suhu yang tinggi oven dapat memberikan pemanggangan secara merata dengan waktu yang lebih cepat, ketimbang harus memanggang makanan dengan cara manual.

Mixer

Mixer memungkinkan pencampuran dan pengadukan adonan yang lebih merata hingga ke bagian dalam. Tentunya hal ini akan lebih efisien ketimbang kamu harus bersusah payah mengaduk dan membolak balik adonan yang akan memakan waktu lama. Mesin ini tidak hanya digunakan untuk mengaduk adonan roti atau kue saja, kamu dapat menggunakannya untuk mengolah adonan mie, maupun daging yang sudah digiling.

Baca lainnya  Ide Kreatif: 8 Buah-buahan yang Cocok Disandingkan dengan Kopi

Blender

Pasti sudah banyak yang tidak asing dengan mesin yang satu ini karena hampir di setiap rumah kini memilikinya. Blender memang multifungsi karena selain digunakan untuk membuat jus, alat ini juga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan bumbu masakan. Kamu dapat menggunakan blender sebagai alat penggiling rempah-rempah atau bahan lainnya untuk mendapatkan bumbu yang sudah halus.

Lemari Es

Kehadiran mesin pendingin juga tidak dapat luput begitu saja, karena dengan adanya alat ini dapat membuat bahan makanan tersimpan secara higienis dan lebih awet. Selain itu dengan adanya freezer dapat digunakan untuk memproduksi es batu sendiri, sehingga kamu tidak perlu membelinya dari tempat lain.

Mesin Penggiling Daging

Bagi kamu yang bergelut dengan kuliner berbahan dasar daging seperti membuat bakso atau sosis maka membeli mesin ini tidak perlu kamu pertimbangkan. Karena dengan membeli mesin penggiling sendiri akan lebih ekonomis dan terjamin kebersihannya ketimbang harus membawa bahan ke tempat penggilingan daging.

Baca lainnya  Siap-siap Menemukan Makanan Unik ini, Sahabat Duma!

Mesin Pembuat Mie

Mie memang menjadi pilihan kuliner yang selalu menjanjikan, pasalnya kuliner yang satu ini memang tidak pernah sepi dari pembeli. Membeli mesin pembuat mie bisa dibilang adalah kewajiban, karena dengan membuat mie sendiri akan menjadi ciri khas bagi usaha kulinermu. Manfaat lainnya yaitu mie yang dibuat sendiri pastinya lebih sehat ketimbang membeli mie pabrikan. Ditambah lagi kamu bisa mengkreasikan mie buatanmu sesuka hati, misalnya seperti mie yang terbuat dari sayur yang sekarang banyak digemari

Rice Cooker

Sebagai penduduk di Indonesia tentunya tidak lengkap kalau belum makan menggunakan nasi. Maka dari itu rice cooker sangat penting bagi kamu yang hendak mendirikan restoran maupun rumah makan. Sebab hampir semua jenis makanan membutuhkan nasi sebagai pendampingnya.

Mesin Deep Fryer

Mesin ini bermanfaat untuk menghasilkan penggorengan secara merata hingga ke bagian dalam. Konsep deep fryer adalah dengan memasukkan bahan kedalam penggorengan yang berbentuk menyerupai kolam. Sehingga dengan cara ini dihasilkan penggorengan yang merata pada seluruh permukaan tanpa harus membaliknya. Sumber energinya sendiri ada yang menggunakan gas maupun listrik.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!