Minum Susu Bikin Cepat Ngantuk Mitos Atau Fakta?

Share artikel ini:

Hallo sahabat DuniaMasak.com pernah ga sih kamu ngerasa susah banget tidur? Ngerasa banyak sekali yang dipikirkan setiap malam? Dan tetap terjaga sepanjang malam? Sehingga kamu mencari tahu tentang bagaimana caranya agar cepat tertidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas?

Sumber Foto : http://il9.picdn.net/shutterstock/videos/3881897/thumb/9.jpg

Ada beberapa pernyataan yang menyatakan kalau hanya dengan meminum segelas susu dapat membuat anda lebih cepat ngantuk.

Beberapa orang mungkin percaya kalau hanya dengan minum susu dapat membuat anda cepat merasa ngantuk bagaimana dengan anda?

Secara teori, para ahli berspekulasi bahwa triptofan yang terkandung dalam susu bisa membuat seseorang menjadi ngantuk karena zat melantonin yang dilepaskan.

Triptofan merupakan salah satu dari 20 asam amino penyusun protein yang bersifat essensial bagi manusia. triptofan adalah perkusor melantonin (hormon perangsar tidur)

Faktor lainnya yang membuat anda mengantuk saat minum susu adalah susu bisa menghangatkan tubuh, kondisi tubuh yang hangat akan membuat efek relaks dan memperlambat respons. Perlambatan respons dan otot yang rileks ini yang membuat anda mengantuk setelah mengkonsumsi susu.

Mekanisme yang ditimbulkan dari meminum susu menuju pada kenyamanan dalam tidur, merupakan hasil interaksi dari molekul-molekul dalam susu dan merupakan reaksi yang terjadi dalam tubuh akibat asupan susu tersebut. Substansi utama dalam susu yang dapat membantu relaksasi adalah mineral susu dan protein susu.

Baca lainnya  Makanan Ringan Khas Bandung Yang Terkenal Enak

Mineral yang terkandung dalam susu akan berpengaruh langsung terhadap relaksasi tubuh adalah kalsium, magnesium dan fosfor. Ketiga mineral itu merupakan mineral utama yang terdapat dalam susu. kandungan kalsium, magnesium, dan fosfor dapat mencapai 30 persen dari total mineral susu

Kalsium dapat mengatur tekanan darah (blood pressure modulator). yaitu tekanan darah stabil yang dapat membantu mencegah terjadinya stress dan menimbulkan rasa rileks sehingga memudahkan tubuh untuk beristirahat.

Terlebih lagi meminum segelas susu juga dapat menenangkan perut. Ketika seseorang meminum segelas susu maka akan menimbulkan rasa lega dan mengurangi rasa tidak nyaman di perut atau lambung. Hal ini sama halnya dengan bayi yang akan tertidur pulsa sehabis meminum susu.

 

Sumber Foto : http://www.aasmnet.org/images/ArticleImages/Morgenthaler-report-2015.jpg

Namun semua pernyataan itu tidak 100%  akurat, seperti yang dikemukakan oleh Dr. Timothy Morgenthaler selaku ahli tidur di Mayo Clinic menyatakan bahwa jumlah triptofan dalam susu belum cukup untuk menginduksi rasa kantuk.

Baca lainnya  Tips Ampuh Cara Memotong Bahan Makanan Bagi Kamu Sang Pemula!

Hal serupa juga didukung oleh pendapat para ahli yang dikutip dari Livestrong, Selasa (23/8/2011) yang menyatakan bahwa rasa kantuk yang dihasilkan setelah meminum susu lebih kepada efek psikologis seseorang. Susu idientik dengan seorang ibu, kebanyakan orang akan mengingat pengalaman yang menyenangkan mengenai ibunya.

Perasaan nyaman dan kenangan yang indah ini bisa memicu bahan kimia di otak sekaligus membentuk sensasi rileks dan sejahtera yang memicu kantuk. Bahan kimia ini adalah serotonin yang terkait dengan tidur.

Seratonin adalah zat dalam tubuh yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih stabil sehingga kamu bisa mendapatkan tidur yang berkualitas

Belum ada penelitian pasti yang mengungkapkan kebenaran dari kedua hal itu, tetapi satu hal yang terpenting adalah rasa nyaman itu memang sangat kita butuhkan untuk merelaksasi badan serta membuat hati tenang.

Nah kalau dari artikel yang sudah DuniaMasak.com rangkum ini kalian lebih percaya yang mana? Kalau kamu ingin mengetahui lagi info-info unik seputar dunia makanan, masakan ataupun rekomendasi tempat makan yang lagi hits kalian bisa langsung Follow akun Instagram kita di @duniamasakid 🙂

Share artikel ini:

Yuk bahas artikel ini!