Mulai Usaha Frozen Food Di Rumah dengan Mesin Pendingin Ini!

Mulai Usaha Frozen Food via theguardian.com

Peluang usaha frozen food memang begitu menjanjikan. Pasalnya, sisi praktis dari frozen food menjadi pilihan bagi konsumen sebab dapat meminimalisir waktu untuk menyiapkan makanan. Dari sisi bisnis, usaha frozen food pun begitu menguntungkan dari banyak segi, antara lain waktu, modal dan tenaga. Dari segi produk yang hendak dijual, kita bisa mengandalkan kerjasama dengan para sales atau produsen untuk menitipkan produknya pada kita sebagai reseller. Sementara itu, dari segi operasioanal kita hanya perlu menyediakan mesin pendingin yang tepat dan ruang kecil di rumah untuk memulai jenis usaha ini. Yuk mulai usaha frozen food di rumah!

Inilah Jenis-jenis Mesin Pendingin yang Tepat untuk Mulai Usaha Frozen Food Rumahan!

Mulai Usaha Frozen Food Chest Freezer LIEBHERR EFI 2803 via duniamasak.com
Chest Freezer LIEBHERR EFI 2803 via duniamasak.com

Setelah menemukan para supplier dan produsen makanan beku, kini tiba saatnya untuk kita memilih mesin pendingin yang tepat untuk memulai usaha frozen food rumahan. Secara umum, ada dua kategori mesin pendingin yang harus kita pahami. Yang pertama adalah freezer dengan sistem refrigerasi mekanik yang berfungsi mengevaporasi refrigeran dalam siklus berkelanjutan. Yang kedua adalah freezer dengan sistem kriogenik yang menggunakan karbondioksida baik dalam jenis cair maupun padatt juga nitrogren cair yang langsung dikontakkan kepada bahan makanan yang harus dibekukan.

Baca lainnya  Nutrisi yang Terkandung Dalam Ubi, Banyak Banget Manfaatnya

Selain itu, freezer juga dibedakan berdasarkan laju pergerakan es, yaitu: slow freezer, quick freezer, rapid freezer dan ultra rapid freezer yang hadir dalam beberapa jenis freezer yang beredar di pasaran. Seperti apa mesin-mesin pendingin yang ideal untuk mulai usaha frozen food rumahan? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Chest Freezer

Jenis freezer ini dapat membekukan bahan makanan dengan sirkulasi udara alami bersuhu 20-30 derajat celcius. Chest freezer sudah jarang dipergunakan sebab laju pembekuannya lambat. Yaitu 3-72 jam. Dari segi harga, chest freezer termasuk freezer dengan harga paling terjangkau. Jika kita memiliki usaha frozen food dengan flow penjualan yang cepat, freezer jenis ini masih mumpuni untuk dipergunakan dalam usaha kita.

Cold Stores

Untuk usaha frozen food rumahan, cold stores adalah jenis freezer yang direkomendasikan karena freezer jenis ini memang ditujukan untuk membekukan segala jenis bahan makanan terutama yang berbahan dasar daging atau es krim. Cold stores sangat cocok untuk pemula bisnis frozen food rumahan dengan kapasitas sedang sebab harganya yang relatif terjangkau (sekitar 2-3 juta rupiah tergantung merk) juga kebutuhan daya listrik yang tidak terlalu tinggi. Freezer jenis ini menghasilkan bunga es sehingga kita harus rajin membersihkan bagian dalamnya.

Baca lainnya  Sebelum Makan, Yuk Ketahui Sejarah Mie

Immersion Freezer

Jika kita memulai usaha frozen food khusus ikan dan seafood, jenis freezer yang satu ini adalah yang paling sesuai. Immersion freezer didesain khusus untuk membekukan ikan dan bahan laut segar dengan cara mencelupkan ikan ke dalam larutan garam dengan suhu 17 derajat celcius lalu memasukkannya ke dalam freezer.

Sharp Freezer

Jenis freezer yang satu ini berbentuk rak-rak yang tersusun secara horizontal dan memiliki sistem pembekuan yang lambat. Freezer jenis ini sering ditemui di supermarket untuk mendinginkan frozen food dengan jenis roti-rotian atau buah-buahan. Jika kita memiliki usaha frozen food dalam jenis ini, sharp freezer adalah jenis freezer yang sesuai. Refrigeran yang digunakan dalam freezer ini umumnya adalah ammonia atau Freon.

Itulah jenis-jenis mesin pendingin yang bisa kita pergunakan untuk mulai usaha frozen food rumahan. Berbekal mesin pendingin yang tepat, usaha frozen food rumahan kita akan terjaga baik kualitas dan kesegarannya sehingga angka penjualan dapat meningkat secara signifikan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!