Makanan-makanan Sebagai Obat Untuk Penderita Asam Lambung

Penderita Asam Lambung via obatasamlambungalami.com

Tahukah kamu, terdapat cara alami untuk membantu meredakan gejala asam lambung? Selain beberapa jenis makanan dan tanaman herbal, terdapat pula beragam buah untuk asam lambung sebagai pilihan untuk meredakan gejala yang dialami. Perlu diingat pula, tidak semua makanan atau buah bisa cocok untuk seluruh penderita penyakit asam lambung. Nah, kali ini tim DuniaMasak akan memberikan informasi seputar makanan apa saja yang bisa menjadi obat untuk penderita asam lambung.

Obat untuk Penderita Asam Lambung

Oatmeal via www.bettycrocker.com

Oatmeal via www.bettycrocker.com

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) termasuk dalam penyakit pencernaan kronis yang disebabkan naiknya asam lambung menuju esofagus (kerongkongan) dan menimbulkan nyeri ulu hati (heartburn). Penyakit asam lambung beserta gejala yang menyertainya dapat diatasi dengan obat-obatan medis seperti antasida, cimetidine, atau ranitidin.

Namun, tahukah kamu jika kamu rutin atau ketergantungan mengonsumsi obat, akan ada endapan obat sebanyak 15 % di dalam ginjalmu? Makanan berikut merupakan pengganti obat bagi kamu penderita asam lambung.

Buah-buahan

Pisang memiliki pH 5,6 sangat bagus untuk membantu meringankan gejala penyakit asam lambung. Selain pisang, buah melon juga baik dikonsumsi penderita asam lambung. Dengan kadar pH 6,1 baik untuk meringankan gejala asam lambung. Sama halnya dengan buah pisang dan melon, semangka, apel, dan pir, juga dianjurkan untuk penderita asam lambung. Bagi kamu yang sedang dalam proses penyembuhan, sebaiknya kamu rutin mengonsumsi buah-buahan ini. Agar tidak bosan, kamu bisa mengolah buah-buahan ini dengan membuat salad buah.

Baca lainnya  Yuk Buat Lilin dengan Aroma Terapi Hanya dengan Bahan Dapur Ini

Oatmeal

Selain buah untuk asam lambung, terdapat pula jenis makanan yang dapat membantu meringankan gejala GERD, salah satunya adalah oatmeal. Oatmeal adalah salah satu makanan diet yang baik untuk penderita penyakit asam lambung karena dapat menyerap asam di lambung sehingga dapat mengurangi gejala penyakit asam lambung.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, selada, kentang, dan mentimun merupakan sayuran yang rendah lemak dan rendah gula. Jenis sayuran ini sangat bermanfaat untuk mengurangi asam lambung.

Daging Tanpa Lemak

Daging sapi, ayam, dan ikan yang diolah dengan cara dipanggang, dikukus, atau direbus juga bisa menjadi makanan yang baik untuk penderita asam penyakit lambung. Seafood atau boga bahari yang rendah lemak  pun bisa kamu konsumsi, asalkan tidak digoreng dan tidak berlebihan ya!

Baca lainnya  Cara Menikmati Makanan Mentah, Yuk Konsumsi Rutin!

Jahe, Adas, Lidah Buaya

Terdapat beberapa tanaman herbal yang dapat membantu meringankan gejala penyakit asam lambung, yakni jahe, adas, dan lidah buaya. Jahe dikenal sebagai obat anti-inflamasi yang ampuh dan merupakan salah satu pilihan makanan terbaik untuk meredakan gejala penyakit asam lambung. Adas dengan pH 6,9 juga dipercaya bagus untuk penderita penyakit asam lambung karena dapat meningkatkan fungsi lambung. Aloe vera atau lidah buaya juga terkenal sebagai tanaman herbal untuk menangani gejala penyakit asam lambung.

Makanan di atas, baik kamu konsumsi secara rutin untuk meredakan nyeri asam lambung dan bahkan menyembuhkan asam lambung jangka panjang. Selamat mencoba sahabat duma!

 

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!