Membuat Cemilan Otak-otak Ayam Sendiri Yuk!

Otak-otak Ayam via rumahmesin.com

Otak-otak berarti “otak” di Indonesia dan Melayu, dan nama hidangan ini berasal dari ide bahwa hidangan ini agak menyerupai otak, memiliki warna abu-abu keputihan, lembut dan hampir licin.  Namun demikian, itu hanya otak-otak dari Indonesia yang memiliki warna keputihan, sedangkan otak-otak dari Malaysia dan Singapura memiliki pewarna oranye kemerahan atau coklat diperoleh dari cabai, kunyit dan bubuk kari. Nah, jika otak-otak ikan sudah terlalu biasa dan sering dimakan. Coba deh membuat otak-otak ayam.

Membuat otak-otak ayam terbilang mudah, karena bahan-bahannya pun mudah di dapatkan. Terlebih lagi, otak-otak ayam mudah disukai anak-anak. Bagaimana resep selengkapnya? Simak di bawah ini ya!

Resep Otak-Otak Ayam Favorit Keluarga

Otak-otak ayam via www.dapurkobe.co.id

Otak-otak ayam via www.dapurkobe.co.id

Selain daging ikan, otak-otak ternyata juga dapat dibuat dari daging ayam. Bagaimana kira-kira rasanya ya? Yuk coba dibuat. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan?

  • 1 butir telur ayam
  • 1 lembar daun bawang
  • 2 buah wortel, parut
  • 2 sendok makan tepung tapioka
  • 3 siung bawang putih
  • 4 sendok makan kaldu ayam
  • 4 siung bawang merah
  • 5 sendok makan air es
  • 500 gram fillet dada ayam
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
Baca lainnya  Bahaya Mengonsumsi Roti Tawar Terlalu Sering

Cara Membuat Otak-otak Ayam

  1. Pertama pastikan semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah siap sedia.
  2. Selanjutnya haluskan bahan-bahan bumbu, seperti bawang merah dan bawang putih. Pastikan bumbu digiling sampai benar-benar halus, kemudian jika sudah halus tumis bumbu hingga mengeluarkan aroma harum, dan sisihkan setelahnya.
  3. Sementara itu blender daging ayam, telur, bumbu yang telah dihaluskan, air es dan juga kaldu ayam bersamaan hingga didapatkan adonan yang benar-benar halus, lembut dan tercampur rata.
  4. Jika sudah siapkan wadah bersih, dan masukkan kedalamnya. Tambahkan garam, gula, daun bawang, wortel dan tepung tapioka, kemudian aduk rata semua bahan hingga tercampur rata dan tidak ada yang menggumpal pada adonan.
  5. Selanjutnya siapkan panci dan air untuk merebus adonan otak-otak, panaskan air hingga mendidih.
  6. Sambil menunggu air untuk merebus mendidih, kalian bisa bentuk otak-otaknya. Caranya sama seperti dua otak-otak sebelumnya. Manual menggunakan tangan. Sehingga kebersihan tangan sangat perlu diperhatikan pada bagian ini.
  7. Bila air sudah mendidih, adonan otak-otak yang telah dibentuk siap untuk direbus. Rebuslah otak-otak sampai mengambang, kemudian tiriskan.
Baca lainnya  Rekomendasi Tempat Makan Coklat Paling Enak di Jakarta

Tips dalam Membuat Otak-otak

  1. Pastikan kalian menggunakan daging ikan atau daging lain yang benar-benar masih segar, karena kesegaran daging akan mempengaruhi rasa dan kualitas otak-otak yang kalian buat nantinya.
  2. Selain itu pastikan juga bumbu yang menjadi campuran adonan benar-benar digiling halus, agar menyatu dengan tekstur ikan yang lembut. Sebagai opsi kalian dapat menggunakan mesin penghalus bumbu untuk menghemat tenaga. Hasil akhir yang didapatkan bumbu benar-benar tergiling halus.
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!