Oven Freestanding dan Oven Built-in, Apa Bedanya?

Share artikel ini:

Hai sahabat duma! Bagi kamu yang ingin membeli oven baik untuk keperluan rumah tangga maupun profesional, kamu harus tau terlebih dahulu perbedaan antara oven freestanding dan oven built-in. Terlebih agar dapur terlihat rapi tapi bingung untuk memilih oven yang mana, yuk simak penjelasan dari DuniaMasak berikut!

OVEN FREESTANDING

Oven freestanding, lebih dikenal sebagai oven all-in-one karena oven ini dilengkapi dengan keempat kaki sendiri. Terdiri dari kompor di atas, ruang oven di bawah dan juga pemanggang yang terpisah. Keuntungan utama oven freestanding adalah satu paket lengkap. Oven ini sangat cocok untuk kebutuhan rumah tangga sebab kamu tidak perlu mengukur ruangan. Jika kamu ingin berpindah rumah, ataupun mendekorasi ulang dapur, oven ini sangat memudahkan pekerjaanmu. Oven ini juga tersedia dalam berbagai ukuran agar sesuai dengan ruangan.

Baca lainnya  Kulkas Modena Vasto, Solusi Cerdas Kulkas Modern!

Keunggulan Lain Oven Freestanding:
Cocok di dapur karena tersedia dalam berberbagai ukuran, mulai dari lebar 50cm sampai 120cm. Kamu juga bisa memilih menggunakan gas atau listrik. Proses membersihkannya pun terbilang mudah dengan menggunakan enamel liner pirolitik self-clean atau catalytic liners.

Fleksibilitas dalam memasak: Kamu bisa memasak dengan oven tunggal atau ganda. Meskipun kamu dapat memilih tempat untuk meletakkan kompor, kamu harus tetap terhubung dekat dengan sumber listrik. Konsultasikan terlebih dahulu dengan teknisi listrik yang kompeten untuk pemasangan oven listrik di dapurmu.

OVEN BUILT-IN 

Oven Modena RASO BO 3660 via DuniaMasak.com

Oven built-in lebih dikenal cocok untuk penggunaan profesional. Ruang oven hingga 50% lebih banyak daripada oven freestanding. Oven ini sangat cocok bagi kebutuhan restoran untuk memasak dalam kapasitas besar.

Baca lainnya  Kenali Ciri-ciri Kulkas yang Rusak

Keunggulan Lain Oven Built-in:
Oven built-in menyatu dengan dapur demi menunjang tampilan modern dan desain interior dapur. Kamu harus mengukur dimensi oven sekaligus mendesain tampilan dapurmu. Oven ini biasanya memiliki lebar 60cm, yang sama dengan unit dapur standar. Kamu bebas memilih tipe, model, gaya hobs, dan oven sehingga kamu bisa mendesain dapur sesuai yang kamu dambakan.

Namun, oven built-in sulit dipindahkan begitu saja, kamu tidak bisa menariknya keluar seperti yang bisa dilakukan untuk oven freestanding. Jika kamu ingin pindah rumah, oven built-in tetap tinggal. Jika kamu meletakkan oven ini ke tempatnya, pemasangan harus dilakukan secara profesional, entah itu gas atau listrik. Jadi oven ini memang lebih cocok untuk keperluan restoran.

Nah masih bingung? Kamu bisa menghubungi tim DuniaMasak untuk menanyakannya lebih lanjut. Dapatkan pilihan ovenmu di sini!

Share artikel ini:

Yuk bahas artikel ini!