Penasaran dengan Kuliner dan Suasana Asli Jepang? Ke Daitokyo Aja!

Share artikel ini:

Hai sahabat Duma! Bagi kamu pecinta kuliner tentu sudah mencoba makanan Jepang yang khas dengan daging mentahnya. Beberapa orang agak riskan untuk memakan daging mentah. Perihal kesegaran daging dan cara pengolahan daging memang menjadi fokus utama sebelum mengkonsumsinya. Bagi kamu yang sangat penasaran mencoba, tapi takut pengolahan daging mentahnya tak segar, kamu bisa intip review makanan Jepang kami kali ini.

Restoran Daitokyo Sakaba dok. DuniaMasak

Restoran Daitokyo Sakaba dok. DuniaMasak

Daitokyo Sakaba

Jl. Melawai, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, atau lebih dikenal dengan Blok M menjadi salah satu lokasi dengan restoran Jepang terbanyak di Jakarta. Meskipun banyak restoran Jepang di Blok M, pertama kali datang ke sini kamu harus berkunjung ke Daitokyo Sakaba.

Mengapa kamu harus kesini?

Begitu masuk, ke dalam restoran Daitokyo Sakaba, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan suasana restoran asli Jepang, yang biasanya kita temui di anime ataupun film Jepang. Gaya makan tradisional Jepang adalah duduk di atas bantal tipis, berada di atas tikar yang terbuat dari jerami, atau yang biasa disebut dengan tatami, suasana ini bisa kamu dapatkan di restoran ini.

Hal pertama yang kamu harus lakukan sebelum memulai menikmati makanan adalah menggunakan oshibori. Oshibori adalah handuk panas/dingin untuk membersihkan tangan sebelum makan. Di restoran ini kamu menggunkan oshiburi dingin. Eits, tapi oshibori ini tidak boleh digunakan untuk bagian tubuh lain selain tangan lho, karena bagi orang Jepang itu sangat tidak sopan.

Bukan hanya itu, seperti hal nya restoran di Jepang, kamu akan disuguhkan pada suasana cahaya lampu yang fokus ke meja pada bilik tempat makanmu. Kamu juga bisa makan langsung di meja depan yang sangat dekat dengan dapur. Dilengkapi dengan audio musik-musik Jepang. Yap, sekali lagi persis seperti anime dan film-film Jepang nih sahabat duma!

Sekilas Tentang Daitokyo Sakaba

Mengapa bisa semirip ini dengan restoran yang ada di Jepang? Tentu jawabannya dikarenakan sang pemilik Daitokyo Sakaba adalah orang Jepang. Sekilas sejarah, pemilik restoran ini adalah seorang chef yang awalnya akan mengelola restoran Jepang di Amerika.

Baca lainnya  Batu Jimbar: Restoran Utama di Sentul Highland Golf  Sebagai Lifestyle Masa Kini

“Kebetulan di keluarga suami saya kebanyakan mengelola usaha restoran, tapi suami saya yang langsung meracik resep, sebab dia memang suka banget dengan memasak. Sebelum ke Indonesia, ia awalnya berniat untuk mengelola restoran di Amerika. Namun, ia berubah pikiran dan berniat setahun ke Indonesia untuk mengelola restoran yang pada saat itu hampir bangkrut. Akhirnya, masih bertahan sampai sekarang,” Ungkap Emi Takeya, President Director Daitokyo Sakaba.

Menu Daging Unggulan Daitokyo

Menu andalan yang disajikan Daitokyo Sakaba sangatlah banyak, karena varian menunya pun mencapai lebih dari 50 menu. Namun, sesuai permintaan, menu yang paling sering dicari pelanggan adalah menu dagingnya. Nah, jika ingin memesan daging, kamu dapat memilih pilihan mulai dari daging bakar, goreng, hingga mentah disini juaranya! Nantinya, kamu akan disuguhkan pada menu dengan gambar sapi, ayam, dan babi dengan keterangan tulisan Jepang pada bagian badan hewan. Yap, kamu bisa pilih bagian mana aja, dan icip-icip deh.

DuniaMasak mencoba daging mentah yang diluar dugaan kita kebanyakan. Gyuu Yukke adalah sashimi (daging mentah segar) yang dihidangkan dengan penyedap seperti kecap asin Jepang, telur mentah, dan potongan tipis buah-buah segar. Daging ini benar-benar segar dengan rasa dingin di mulut, tanpa rasa amis sama sekali. Kamu dijamin doyan! Dengan harga yang dibandrol IDR 83K, kamu bisa menikmati daging ini tanpa rasa menyesal. Super enak, dan menyegarkan.

Gyuu Yukke Favorit! dok. DuniaMasak.com

Gyuu Yukke Favorit! dok. DuniaMasak.com

Selain daging mentah, kami juga mencoba daging bakar, dan goreng. Beberapa daging bakar yang kami cicipi seperti: Negima, potongan daging ayam bakar dengan daun bawang. Aroma yang khas akan saus Jepang sangat kental terasa. Dagingnya sangat lembut ketika dikunyah. Terlebih lagi harganya yang juga sangat terjangkau yaitu IDR 20K.

Kalbi merupakan potongan tipis daging sapi yang termasuk direkomendasikan pada restoran ini.  Dengan harga IDR 73K kamu bisa menikmati daging seberat 100 g ini, dijamin kenyang dijamin puas. Aroma bakaran yang langsung terasa saus yang khas dengan cita rasa khas pula, sebab tim chef mengatakan memang restoran ini meracik sendiri bahan-bahan yang langsung didatangkan dari negeri sakura itu.

Baca lainnya  The Real Smoke Barbeque Hanya di Holy Smokes

Selain daging ayam dan sapi, kamu juga bisa menikmati daging babi. Bua Bara daging babi dengan kelembutan yang pas, dan rasa dan aroma bakar saus Jepang yang pas pula. Meresap hingga ke daging, kamu hanya cukup mengeluarkan budget IDR 22K aja.

Menu Unggulan Daitokyo dok. DuniaMasak.com

Menu Unggulan Daitokyo dok. DuniaMasak.com

Selain menu daging, Daitokyo Sakaba juga menyediakan ramen lho. Yap, ramen juga merupakan menu andalan di setiap restoran Jepang. Restoran ini menyediakan Hiyashi Ramen, adalah mie dingin dengan tambahan telur dan sayuran. Ini salah satu menu andalan juga lho, meskipun dingin, namun ramen ini juga menu yang paling banyak dicari.

Kamu juga bisa menikmati menu nasi khas Jepang. Salah satu menu nasi Jepang paling favorit adalah Gyutan Don. Dengan harga IDR 72K kamu bisa menikmati nasi Jepang ini dengan daging lidah sapi dan nasi yang dicampur dengan sayuran dan rempah-rempah.

Menu Penyeimbang

Setelah makan daging yang memberatkan lambung, DuniaMasak punya menu rekomendasi untuk penyeimbang nih. Hiyashi Tomato, adalah tomat Jepang yang dimakan mentah dan segar dengan bumbu berupa garam dan mayonise, dengan harga IDR 32K.

Fresh banget! dok. DuniaMasak.com

Fresh banget! dok. DuniaMasak.com

Kamu juga bisa menyeimbangkan perut dengan sayuran, Hourenso Butter (IDR 37K) bayam Jepang yang dimasak dengan mentega dan bawang putih yang menimbulkan aroma kuat serta terasa hangat ditenggorokkan.

Setelah makan seluruh menu andalan, kami menutupnya dengan dessert berupa ice cream matcha dan mochi. Langsung, meleleh di lidah dan sangat nikmat. Rasanya tidak pahit sama sekali, namun tidak pula terlalu manis. Pas, lengkap dan sempurna.

Bagaimana? Kamu tidak sabar untuk mencoba? Eits, jangan buru-buru. Sebab Daitokyo Sakaba baru akan buka pada pukul 18.00 WIB hingga 01.00 WIB. Yap, sangat pas, bagi kamu yang ingin makan malam bareng teman kantor ataupun keluarga nih sahabat duma!

Selamat mencoba! Jangan lupa icip-icip menu rekomendasi dari DuniaMasak ya!

Daitokyo Sakaba

Jl. Melawai 9 No.26, RT.3/RW.1, Melawai
Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan 12160

Share artikel ini:

One thought on “Penasaran dengan Kuliner dan Suasana Asli Jepang? Ke Daitokyo Aja!”

  1. David Susilo says:

    Wah favorit banget memang makan disini!

Yuk bahas artikel ini!