Perbedaan Kecap Asin, Kecap Manis, dan Kecap Ikan

Perbedaan jenis kecap manis dan kecap lainnya via freepik ala tim duniamasak.com

Kecap termasuk kedalam bahan masakan yang sering kita temukan di dapur. Kecap yang biasanya kita temukan adalah kecap manis yang memiliki warna hitam pekat dengan rasa yang manis. Namun, sebetulnya terdapat jenis kecap-kecap lainnya seperti kecap asin dan kecap ikan. Ketiganya memiliki perbedaan, kira-kira apa saja? Yuk disimak disini!

Jenis Kecap dan Perbedaanya

Perbedaan jenis kecap manis dan kecap lainnya via freepik ala tim duniamasak.com
Kecap asin via freepik

Memang kecap ini sangat mudah dibedakan bila kita sedang berada di supermarket maupun pusat berbelanjaan. Pasalnya kecap ini dijual disertai label nama kecapnya. Namun, untuk mengetahui perbedaan secara detail dan masakan yang cocok untuk jenis kecapnya dapat kita simak ulasannya berikut ini:

Tekstur dan Rasa

Jangan salah paham ya sahabat Duma, meskipun sama-sama tergolong kecap. Tentunya tekstur dan rasa yang dimiliki setiap jenis kecap terdapat perbedaan. Sahabat Duma umumnya akan sering menemukan kecap manis dengan tekstur yang kental. Namun, hal itu tidak berlaku dengan kecap asin dan kecap ikan yang memiliki tekstur lebih cair atau encer. Pun soal rasa kecap manis memiliki rasa gurih serta manis. Sedangkan untuk kecap asin memiliki rasa yang asin serta kecap ikan memiliki aroma ikan yang khas. Uniknya kecap ikan ini tidak memiliki rasa khas. Tidak heran jika beberapa negara terkadang menambahkan bumbu pada kecap tersebut seperti garam ataupun gula.

Baca lainnya  6 Jurus Jitu Menggoreng Tanpa Lengket di Penggorengan

Warna

Kecap manis dan kecap asin memiliki warna hitam yang pekat dikarenakan keduanya berasal dari fermentasi biji kedelai. Lain halnya dengan kecap ikan yang memiliki warna jingga-bening. Hal itu dikarenakan kecap ikan berasal dari fermentasi ikan dan garam. Namun warna kecap ikan juga bervariasi, mulai dari cokelat-bening hingga cokelat sedikit kehitaman. Semua tergantung pada produsen yang membuat kecap ikan itu sendiri.

Bahan pembuatan

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bila kecap asin dan kecap manis memiliki kesamaan karena sama-sama difermentasi dari biji kedelai. Namun yang membedakannya adalah setelah proses fermentasi, kecap manis ditambahkan dengan gula merah sehingga memberikan tekstur yang kental pada kecap manis dan juga memberikan rasa yang manis. Sedangkan kecap asin, setelah proses fermentasi kecap asin biasanya ditambahkan garam. Untuk kecap ikan sendiri adalah berasal dari fermentasi ikan dan garam yang didiamkan sekitar 12 bulan dalam sebuah tong yang besar.

Baca lainnya  Seberapa Penting Sarapan Untuk Anak? Temukan Jawabannya Di sini

Kegunaan

Dari cara pembuatan hingga rasa yang memiliki perbedaan tentunya dari segi kegunaan pun berbeda. Kecap manis biasanya digunakan untuk menambah rasa manis dan gurih pada masakan. Seperti semur, sate telur dan juga tempe serta tahu bacem. Sedangkan kecap asin digunakan untuk masakan-masakan Asia seperti tumisan atau cah. Rasa kecap asin memberikan rasa asin yang khas pada masakan. Terakhir adalah kecap ikan, kecap ini digunakan untuk menambahkan aroma ikan yang khas pada masakan. Biasanya digunakan untuk masakan seperti udang saos tiram, sup ikan dan lain-lain.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!