Perbedaan Kulit Pangsit, Kulit Siomay, dan Kulit Gyoza

Perbedaan kulit pangsit dimsum gyoz siomay via freepik ala duniamasak

Dimsum merupakan makanan-makanan kecil yang biasanya disantap saat sarapan yang terkenal di Hongkong. Beberapa makanan Dimsum yang populer di seluruh dunia adalah bakpao, siomay, pangsit, hakau, dan gyoza. Dari makanan tersebut, terdapat hidangan yang bentuk dan pembuatannya hampir sama. Misalnya pangsit, siomay, dan gyoza. Terlihat dari tampilannya, masing-masing hidangan mempunyai kulit yang menutupi isian daging. Apakah kamu tahu perbedaan karakteristik setiap kulit dari masing-masing hidangan tersebut? Mari simak perbedaan kulit dalam hidangan dimsum berikut ini.

Perbedaan Kulit Dalam Hidangan Dimsum

Dalam suatu hidangan, kulit digunakan untuk membungkus makanan agar lebih rapi. Tujuan lainnya adalah untuk melindungi isi adonan agar tidak berceceran serta memberikan penampilan yang indah. Selain itu, teknik pembungkusan dengan kulit bisa membangkitkan rasa penasaran sebelum menyantap hidangan atau untuk membangkitkan rasa ingin tau terhadap isian hidangan. Maka dari itu setelah mengetahui tujuannya, alangkah baiknya juga mengetahui perbedaan karakteristik setiap kulit dalam hidangan-hidangan dimsum berikut ini.

Baca lainnya  Mulai dari Snack Hingga Main Course Santap Sedap di Luccini Cafe

Kulit Pangsit

Kulit yang satu ini pasti sudah sering digunakan oleh banyak orang. Dari satu bungkusan pangsit yang dijual di pasaran, kamu dapat membuat hidangan pangsit rebus maupun pangsit goreng. Walaupun dari segi bahan, sebenarnya keduanya memiliki cara pengolahan yang sama namun ternyata tetap saja ada yang membedakannya. Kulit pangsit rebus akan jauh lebih tebal dibandingkan kulit pangsit goreng. Hal ini bertujuan agar ketika direbus dalam jangka waktu yang lama, kulit tidak mudah sobek. Sedangkan untuk kulit pangsit goreng yang lebih tipis akan memudahkan waktu menggoreng yang tidak terlalu lama dan bisa membuat teksturnya lebih renyah.

Kulit Siomay

Kulit siomay via freepik ala duniamasak
Kulit siomay via freepik

Sebenarnya, kulit siomay dan kulit pangsit hampir memiliki kesamaan, namun kulit siomay lebih lentur dan tipis. Kulit siomay ini juga sering digunakan untuk pembuatan pangsit rebus walaupun harusnya memilih kulit yang lebih tebal.

Baca lainnya  Sama-sama Cokelat, Apa Beda Cokelat Siap Makan dengan Cokelat Masak?

Kulit Gyoza

Hidangan ini memiliki karakteristik yang sama dengan kulit siomay namun biasanya gyoza lebih memilih tekstur yang lebih lentur dan tebal. Bentuk gyoza pun hampir mirip dengan pangsit sehingga kulitnya pun bisa dipakai untuk pembuatan pangsit rebus pula.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!