Ternyata Ini Loh Perbedaan Mesin Gelato dan Mesin Es Krim

Perbedaan Mesin Gelato dan Mesin Es Krim via pexels.com versi tim Duniamasak

Belakangan istilah Gelato semakin terkenal. Gelato sendiri berasal dari Italia dan dalam Bahasa Italia, gelato sebenarnya berarti es krim. Namun dari konteks kuliner, Gelato bermetamorfosis menjadi es krim dengan tradisi Italia. Selain perbedaan pada masing-masing komposisinya dimana es krim memiliki komposisi susu dan krim. Sedangkan gelato, komposisi susu lebih banyak dibandingkan krim yang membuat gelato lebih bertekstur halus dan lembut. Perbedaan lainnya adalah pada mesin yang digunakan,berikut ini tim duniamasak akan menjelaskan perbedaan mesin gelato dan es krim yang wajib kamu ketahui.

Mengenal Gelato dan Es Krim

Pembuatan gelato melibatkan lebih banyak susu, sedikit krim, dan sedikit kuning telur sehingga kandungan lemak pada gelato lebih sedikit dibandingkan pada es krim. Sementara pembuatan es krim melibatkan krim masak yang didalamnya terkandung minimal 10% lemak. Lemak pada es krim bisa mencapai 25%, sedangkan lemak pada gelato hanya diperbolehkan maksimal 8%. Rendahnya kandungan lemak pada gelato membuat es krim asal Italia ini difavoritkan oleh banyak pelaku diet. Selain lemak, masih terdapat beberapa perbedaan diantaranya perbedaan mesin gelato dan mesin es krim.

Kandungan Gula

Mesin gelato sangat mengukur keseimbangan kadar gulanya. Di sini komposisi gula tidak boleh melebihi rasa alami buah ataupun campuran lainnya seperti cokelat. Gelato harus menonjolkan rasa manis yang alami dari buah. Namun jika dirasa kurang, boleh ditambahkan gula ke dalam mesin gelato. Semakin manis buah, semakin sedikit gula yang ditambahkan.

Baca lainnya  Tips Cara Menyimpan ASI Agar Tetap Awet

Bahan-bahan alami

Pembuatan gelato mutlak menggunakan bahan alami. Bahkan perusahaan gelato Italia memiliki kebun buah pribadi untuk menjaga campuran buah yang akan diolah di mesin gelato. Selain buah, mereka juga sangat memperhatikan kualitas susu, dimana susu yang dicampurkan harus berasal dari peternakan yang berusia kurang dari seminggu. Meski sebenarnya masih diperbolehkan menggunakan susu UHT.

Selain buah dan susu, pembuatan gelato juga memanfaatkan kacang-kacangan. Bahkan sejumlah negara di Eropa membuat gelato dengan campuran gandum. Meski demikian, gelato tetap berhasil mengundang selera.

Nah, Apa Sih Perbedaan Mesin Gelato dan Mesin Es Krim?

  1. Mesin
    Pada mesin es krim terdapat hopper atau wadah untuk mengolah bubuk es krim dan mengaduknya, serta dilengkapi valve di sisi depan jika hendak menyajikan es krim dengan cone. Pada mesin gelato juga terdapat hopper, namun bedanya pengaduk gelato lebih cepat dibandingkan pengaduk es krim.
  2. Pembekuan
    Pernahkah Anda merasa bahwa rasa es krim lebih tajam dibandingkan gelato? Hal ini disebabkan oleh pembekuan es krim menggunakan suhu yang lebih rendah hingga mencapai minus 20หšC. Sementara gelato hanya membutuhkan suhu minus 10หšC saja. Jadi saat mencicipi gelato, lidah atau gigi Anda tidak akan kaget seperti saat mencicipi es krim. Sayangnya, rendahnya suhu ini menyebabkan gelato lebih cepat basi dibandingkan es krim.
  3. Udara
    Mesin es krim mengaduk lebih kuat dan cepat sehingga terjadi peningkatan volume lewat udara yang muncul saat pengadukan. Volume udara bisa bertambah hingga 90%. Inilah yang membuat tekstur es krim lebih halus dan lembut. Berbeda dengan mesin gelato yang mengaduk lebih lambat sehingga campuran yang dihasilkan lebih padat.
Baca lainnya  Tips Merawat Blender: Mudah dan Awet Digunakan

Itulah beberapa perbedaan mesin gelato dan mesin es krim, hingga kandungannya. Kandungan lemak dan gula yang rendah membuat gelato lebih digandrungi oleh masyarakat. Apalagi para pelaku diet. Jadi jangan salah kaprah lagi antara gelato dan es krim. Jika kalian tertarik membuat gelato dan es krim, kalian bisa membeli mesinnya yang tersedia di duniamasak.com. Atau jika ingin membuat sendiri tanpa mesin, Anda cukup memanfaatkan freezer saja untuk pembekuan. Selamat mencoba.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!