Perbedaan Mie dan Pasta, Apa Saja Ya?

Mie dan Pasta sama-sama memiliki karbohidrat yang tinggi. Walaupun demikian mie dan pasta sebetulnya memiliki beberapa perbedaan. Untuk sahabat Duma yang penasaran, yuk cari tahu perbedaan mie dan pasta yang sering kita anggap sama.

Mie dan Pasta

Perbedaan Mie dan Pasta via freepik ala tim duniamasak
Pasta via freepik

Sebagai orang Asia, tentunya masyarakat Indonesia lebih mengenal dan jatuh cinta kepada mie. Tak heran bahwa salah satu produsen mie indonesia, merupakan salah satu mie terenak di dunia. Sedangkan pasta umumnya berasal dari negara-negara Eropa. Berikut ini Duma rangkum perbedaan mie dan pasta yang belum sahabat Duma ketahui.

Bahan Pembuatan

Bahan utama pembuatan mie bianysa dari tepung gandum biasa yang lebih halus sedangkan pasta terbuat dari gandum jenis durum yang cenderung lebih kasar. Pembuatan mie dan pasta juga berbeda pada takaran air dan telur. Perbedaan bahan dan takaran tersebut juga mempengaruhi cara mengolah adonan mie dan pasta.

Tampilan

Dari segi tampilan, umumnya mie berbentuk memanjang ada yang lurus dan juga keriting atau bergelombang. Lain halnya dengan pasta yang memiliki banyak bentuk tampilan. Ada yang mirip dengan bentuk kupu-kupu, silinder maupun spiral.

Baca lainnya  [QUIZ] Pilihan Bisnis Minuman Ini Bisa Menentukan Karaktermu Loh!

Penyajian

Mie biasanya disajikan berbeda-beda tergantung dari negara ataupun daerahnya. Contohnya negara China dengan Indonesia sangat berbeda dalam menyajikan mie. Mie yang disajikan di negara China biasanya mengandung banyak rempah-rempah alami. Sedangkan pasta, biasanya disajikan sama seperti walaupun negaranya berbeda, yaitu penambahan rasa asin, bumbu, dan keju.

Kandungan Gizi

Nah kali ini adalah kandungan dari masing-masing yang berbeda. Hal ini terjadi karena bahan baku pembuatannya pun berbeda. Dibanding mie, pasta lebih bergizi, karena mie umumnya menggunakan tambahan lemak dan juga garam dalam pembuatannya. Sedangkan pasta terbuat dari bahan gandum yang memang sudah memiliki kandungan gizi yang tinggi dibanding dengan gandum biasa untuk pembuatan mie.

Wah walaupun sekilas tampak sama, ternyata ada juga ya perbedaan mie dan pasta. Sahabat Duma seakarang jadi tahu kan perbedaannya? Oia untuk sahabat duma yang sedang mencari peralatan masak untuk mencetak mie. Duma ingin menyarankan nih mesin pencetak mie yang dijual di Duniamasak.com.

Baca lainnya  Keutamaan Sahur yang Jarang Diketahui
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan