Cari Tahu Perbedaan Oven Pizza dan Oven Bakery!

Cari Tahu Perbedaan Oven Pizza dan Oven Bakery via freepik ala tim duniamasak

Siapa menyangka bahwa pizza akan menjadi makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia? Selain pasta seperti spaghetti dan makaroni, ternyata pizza juga menjadi andalan dalam restoran Italia di Indonesia. Pizza adalah hidangan jenis roti bundar dan pipih dari Italia yang dipanggang dalam oven lalu dilumuri saus tomat serta keju dengan bahan makanan tambahan atau topping lainnya yang bisa dipilih sesuai selera. Nah, tapi tahukah kamu bahwa oven pizza dan oven bakery (roti) itu berbeda? Mari lihat penjelasan lengkapnya tentang perbedaan oven pizza dan oven bakery.

Mengenal Oven Pizza dan Jenisnya

Cari Tahu Perbedaan Oven Pizza dan Oven Bakery via freepik ala tim duniamasak
Oven pizza via freepik

Mungkin sekilas jika diperhatikan, memang oven pizza dengan oven-oven lain pada umumnya memiliki bentuk yang sama dan fungsinya pun sama yaitu untuk memanggang. Namun sebenarnya, terdapat perbedaan yang cukup signifikan yaitu dari proses pemanggangan dan bahan bakar yang digunakan serta hasil akhirnya. Oven pizza juga memiliki beberapa jenis yaitu oven gas, oven listrik, dan oven tungku. Meskipun sekarang ini lebih banyak ditemui pemakaian oven pizza menggunakan gas dan listrik, namun untuk hasil akhir tetap sama seperti oven pizza tungku/tradisional.

Baca lainnya  Penting! Merawat Mesin Es Krim Agar Tahan Lama Menunjang Bisnismu

Oven Pizza Gas

Jual oven pizza deck gas getra rfl 24ss via duniamasak
Oven Deck Gas Pizza GETRA RFL-24PSS via duniamasak

Oven pizza gas adalah mesin pemanggang pizza yang menggunakan bahan bakar gas. Keunggulan dari oven pizza gas adalah lebih hemat energi dan untuk pemanasan di dalam mesin dialirkan secara merata sehingga pizza akan matang secara sempurna. Kelemahannya adalah ukuran dari oven pizza gas lebih besar dan akan membutuhkan banyak ruang di dapur, belum lagi untuk meletakkan gas.

Oven Pizza Listrik

Jual Electric Oven Pizza 1 Deck Listrik CROWN WP-10E via duniamasak
Electric Oven Pizza 1 Deck CROWN WP-10E via duniamasak

Oven pizza listrik adalah mesin pemanggang pizza yang menggunakan energi listrik sebagai sumber dayanya. Keunggulan dari oven pizza listrik adalah ukuran oven yang minimalis dan pengatur suhu yang akurat serta tidak perlu takut akan kebocoran gas. Kelemahannya adalah oven ini akan membutuhkan daya listrik yang cukup banyak dan untuk kematangan hasil pizza akan sedikit lebih kering.

Perbedaan Oven Pizza dan Oven Bakery

Memang jika dilihat sekilas, hampir sama secara bentuk dan penampilan dan umumnya oven bakery dapat juga untuk memanggang pizza karena dasar pizza seperti yang kita ketahui adalah roti. Sebenarnya, perbedaan oven pizza dan oven bakery yang utama adalah terletak pada proses pemanggangan. Untuk pemanggangan pizza terbaik, oven pizza lebih optimal dibanding oven bakery. Dikatakan demikian karena pizza harus dipanggang dengan suhu yang maksimal alias dalam suhu tinggi dibanding roti. Untuk mencapai tujuannya, tentunya oven pizza sudah dilengkapi dengan termometer untuk mengatur suhu. Memanggang pizza harus dengan suhu oven yang tinggi yaitu 230 – 240 ° C dengan waktu pembakaran 15 – 20 menit tergantung jenis oven yang dipakai. Sedangkan untuk pengaturan suhu oven roti adalah tergantung pada jenis roti yang akan dibuat seperti roti tawar perlu dalam suhu diantara 200 – 210° C dengan waktu pembakaran 20 – 35 menit sedangkan roti manis pada suhu antara 180 – 200° C dengan waktu pembakaran 11 – 15 menit. Perbedaan kedua adalah dari ketinggian lemari dalam oven. Untuk ketinggian oven pizza akan sedikit lebih rendah dari oven bakery. Hal ini terjadi agar pemanggangan pizza lebih merata dan suhu tetap terjaga dan pemanasan fokus dalam lemari oven. Jika oven bakery, biasanya akan lebih tinggi karena ketika memanggang, beberapa jenis roti akan mengembang jauh keatas daripada adonan semula.

Baca lainnya  Tips Membersihkan Racun dalam Hati, Yuk Mulai Hidup Sehat!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!