Perbedaan Probiotik dan Prebiotik, Simak Juga Manfaatnya!

Probiotik prebiotik yogurt manfaat perbedaan via freepik ala duniamasak

Pernahkah kamu mengalami gangguan pencernaan dalam jangka waktu tertentu? Mungkin hal ini dikarenakan kurangnya mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik dan prebiotik. Kedua istilah ini akan banyak ditemukan pada produk makanan maupun suplemen. Sebenarnya, apa perbedaan dari probiotik dan prebiotik serta apa saja manfaatnya untuk pencernaan tubuh manusia?

Probiotik dan Prebiotik

Sebenarnya, prebiotik merupakan asupan makanan yang menunjang pertumbuhan bakteri baik. Sedangkan probiotik adalah bakteri baiknya. Jadi, keduanya akan saling mendukung satu sama lain untuk kesehatan tubuh manusia. Selain bermanfaat untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan, keduanya juga memiliki manfaat lain yang tak kalah berguna bagi tubuh manusia. Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca lainnya  5 Alat Masak yang Selalu Diburu Menjelang Hari Raya

Manfaat probiotik dan prebiotik

Manfaat utama dari probiotik dan prebiotik adalah berfungsi untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit. Jadi dengan kata lain, keduanya bisa membantu kesehatan saluran pencernaan dalam tubuh manusia. Probiotik dan prebiotik juga berperan dalam membantu mencegah alergi, pilek, serta infeksi saluran pernapasan atas. Dan yang tak kalah penting adalah keduanya pun bisa meningkatkan kekebalan tubuh melalui stimulasi sel tertentu di dalam usus serta mengurangi kadar kolesterol darah dalam tubuh manusia.

Produk yang mengandung probiotik dan prebiotik

Kimchi manfaat perbedaan via freepik ala duniamasak
Kimchi via freepik

Seperti yang sering kamu dengar bahwa yogurt adalah salah satu produk makanan yang mengandung probiotik yang baik bagi tubuh. Selain itu, makanan korea pun ada juga yang memiliki kandungan tersebut yaitu hidangan kimchi. Sedangkan prebiotik terdapat pada makanan seperti kacang kedelai, gandum, bawang putih, dan pisang. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihan setiap produk-produk tersebut. Jika tidak dalam kondisi yang bagus, maka tidak akan baik bagi kesehatan tubuh. Penyimpanan produk yang benar pun sangat dibutuhkan agar menjaga kandungan dalam setiap makanan. Selain itu, jumlah konsumsi produk ini juga perlu seimbang agar tidak berlebihan sehingga mendapat manfaat yang maksimal.

Baca lainnya  Kenali 4 Cara Untuk Mencegah Diabetes

Demikian penjelasan mengenai perbedaan probiotik dan prebiotik serta manfaatnya. Tetap jaga kesehatan ya sahabat DuMa πŸ˜€

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!