Perut Kembung? Usir dengan Aneka Makanan Ini!

Makanan pemulihan perut kembung ala duniamasak via hallosehat.com

Hallo sahabat duma, perut kembung atau masalah terhadap lambung memang menjadi hal yang sangat mengganggu bukan? Terlebih kamu tidak akan dengan mudah mengonsumsi makanan yang beragam akibat perut kembung. Tentu sangat mengganggu. Nah untuk itu, jika kamu mengalami masalah ini, kamu harus mengonsumsi makanan berikut!

Makanan Ampuh untuk Perut Kembung

Jahe sebagai makanan pemulihan perut kembung via merdeka.com

Jahe sebagai makanan pemulihan perut kembung via merdeka.com

1. Timun

Timun kaya akan kandungan quercetin. Salah satu zat aktif bersifat antioksidan yang mampu membantu mengempiskan perut yang begah dan membengkak. Selain itu, kamu juga bisa menemukan silika, asam kafeat, dan vitamin C yang berfungsi untuk mencegah retensi cairan dalam tubuh. Kamu bisa langsung mengonsumsi timun mentah atau mencampurkan irisan timun dalam air minum yang kamu konsumsi.

Baca lainnya  Rempah Populer di Dapur: Harus Selalu Sedia ya!

2. Seledri

Selain timun, sayuran hijau lain yang bisa membantu meredakan perut kembung adalah seledri. Seledri bisa mengendalikan gas berlebih dalam saluran pencernaanmu. Karena kemampuannya untuk membersihkan tubuh dari berbagai racun dan zat berbahaya, sayuran ini pun ampuh untuk mencegah penumpukan makanan atau cairan.

3. Pisang

Makanan yang kaya akan kalium bisa membantu melawan efek samping kelebihan makanan yang asin. Kalium akan menetralkan kadar sodium dalam tubuh dan mencegah retensi cairan. Pisang adalah salah satu buah yang kaya akan kalium. Pisang juga mengandung serat larut yang akan melancarkan saluran pencernaan lho!

4. Semangka

Buah lain yang menawarkan banyak kandungan kalium adalah semangka. Semangka juga bersifat diuretik sehingga ginjal akan semakin terpacu untuk membuang air seni. Hal ini tentu akan semakin cepat mengempiskan perut yang sedang begah karena kelebihan gas atau cairan.

Baca lainnya  Sehat Bersama Susu Kedelai: Manfaat yang Jarang Diketahui

5. Pepaya

Pepaya menawarkan segudang manfaat untuk pencernaan yang lebih sehat. Kandungan enzim papain dalam buah ini akan membantu mengurai protein dalam saluran pencernaanmu. Selain itu, pepaya juga kaya akan serat dan zat-zat antiperadangan yang akan mempercepat proses melegakan perut yang begah.

6. Jahe

Tumbuhan akar-akaran yang satu ini adalah sahabat baik untuk sistem pencernamu. Jahe memiliki kandungan protease bernama zingibain yang ampuh untuk melawan gas berlebih dalam perut. Sebaiknya kamu mengonsumsi jahe segar, bukan produk yang sudah melalui proses pengemasan dan mengandung pengawet atau pemanis tambahan. Seduh jahe dalam air panas atau teh dan perut kembungmu agar segera membaik.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!