Popping Boba, Tren Baru untuk Topping Minuman Kekinian

Popping boba via tachungho.en.taiwantrade ala duniamasak

Boba adalah hidangan makanan yang berbentuk bulat atau bola yang terbuat dari tapioka (tepung pati yang diekstrak dari umbi singkong) dan umumnya digunakan dalam minuman bubble tea atau milk tea. Bubble tea atau milk tea adalah minuman yang berbahan dasar teh, susu, dan biasanya diberi topping boba. Perpaduan semua elemen ini menjadikan rasa dari bubble tea atau milk tea ini menjadi manis dan creamy serta bercampur dengan tekstur boba yang kenyal. Kini, boba juga bisa menjadi topping untuk minuman lain seperti smoothies atau kopi bahkan dessert seperti pancake atau es krim. Sekarang ini, terdapat tren baru yang sedang digandrungi oleh hampir seluruh masyarakat yaitu popping boba.

Popping Boba

Popping boba adalah hidangan yang mirip seperti boba pada umumnya yaitu berbentuk bulat atau bola, namun boba ini berisi cairan manis dengan berbagai rasa dan juga biasanya menjadi bahan pelengkap sajian minuman atau dessert. Di mancanegara, boba kekinian ini disebut dengan nama bursting popping boba yang terdiri dari kata bursting berarti meledak sedangkan kata popping berarti pop (suara yang keluar) sehingga mempunyai konsep sensasi hidangan yang meledak di mulut. Biasanya, boba kekinian ini terbuat dari ekstrak rumput laut dan isinya merupakaan cairan jus buah asli. Hidangan yang berbentuk bulat ini terjadi dengan teknik yang disebut Molecular gastronomy. Proses ini terjadi dengan membentuk air yang jatuh ke minyak sehingga menjadi gelembung kemudian minyak di sekelilingnya membentuk kulit yang tipis pada gelembung tersebut sehingga menjadi bola.

Baca lainnya  3 Rekomendasi Aneka Soto Khas Indonesia Ala DuniaMasak

Bisa di bilang, boba aneka rasa ini merupakan hidangan yang menyehatkan karena terkandung dari sari buah asli. Namun, perlu diingat bahwa sari buah pun memiliki gula yang mengandung kalori tinggi sehingga jumlah konsumsinya perlu dijaga dan secukupnya saja. Boba kekinian ini bisa dihasilkan oleh beragam macam buah dengan berbagai macam rasa dan warna. Misalnya buah mangga dan markisa untuk warna kuning, buah leci untuk warna putih, buah kiwi dan apel hijau untuk warna hijau, buah stroberi untuk warna merah, buah blueberry untuk warna ungu, dan masih banyak lagi. Selain sari buah, boba kekinian ini bisa ditambahkan dengan isian yogurt sebagai penambah rasa. Perlu diperhatikan juga tidak semua boba kekinian ini murni berasal dari sari buah namun ada juga beberapa kedai yang menghadirkan dengan perisa. Perisa ini akan dikombinasikan bersama sodium alginat lalu dimasukkan ke dalam mangkok yang berisi kalsium klorida kemudian ditambahkan sesendok air hingga membentuk gelembung. Gelembung inilah yang akan berubah menjadi boba, hampir mirip dengan pembuatan popping dengan sari buah.

Baca lainnya  Ingin Membeli Mesin Kopi? Nih Berikut Tips Memilihnya!

Popping Boba vs Tapioca Boba

Popping boba via fanaledrinks ala duniamasak
Popping boba vs tapioca boba via fanaledrinks

Lalu apa perbedaan popping boba dengan tapioca boba? Meski dari bentuknya terlihat sama namun ternyata berbeda. Popping boba tidak memiliki tekstur kenyal, melainkan lembut dan berair. Hal ini disebabkan karena dari sisi bahan popping boba pun terbuat dari ekstrak rumput laut dan sari buah, sedangkan tapioca boba mempunyai bahan dasar tapioka.

Boba kekinian ini dipililih sebagai tren baru masa kini karena keunikan dan kualitas yang baik. Dalam segi penyajian, boba aneka rasa dan warna ini lebih unggul karena dapat menampilkan berbagai macam warna dalam satu sajian minuman maupun dessert. Namun, beberapa kedai yang menyediakan minuman kekinian belum banyak yang memakai boba kekinian ini sebagai topping minumannya. Nah, hal ini bisa menjadi peluang bisnis untuk Sahabat Duma yang ingin berkecimpung dalam usaha Food and Beverages.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!