Simak 5 Psikologi Memasak yang Perlu Kamu Ketahui

Psikologi memasak ala duniamasak via shutterstock.com

Psikologi memasak ternyata berdampak bagi kehidupan kita lho! Ya, maksudnya adalah meningkatkan kualitas diri sebab memiliki manfaat untuk meningkatkan konsentrasi, mengurangi stres dan mendorong gaya hidup sehat. Memasak adalah salah satu tugas yang bisa mendorongmu untuk benar-benar fokus lho! Memasak lebih dari sekedar membantu kita mempraktekkan kualitas kesadaran diri. Psikologi memasak juga dapat membantu kita membuat koneksi dengan orang yang memasak bersama kita. Selain itu masih banyak psikologi memasak lainnya yang harus kamu ketahui seperti di bawah ini:

Psikologi Memasak

Psikologi memasak via shutterstock.com

Psikologi memasak via shutterstock.com

Waktu yang dihabiskan di dapur cocok untuk menjadi introspektif. Semua indra terikat pada pengalaman memasak, dan ingatan terhubung dengan indera penciuman. Saat kamu berada di dapur dan memasak sesuatu, itu bisa membawa kenangan akan hidangan yang biasa kamu makan bersama kakek dan nenek. Seseorang mudah mengingat kembali kenangan saat mereka memasak.

Baca lainnya  Aneka Olahan Jus Sayur Yang Enak Agar Diet mu Berhasil!

Pemahaman Nutrisi

Kesehatan otak sangat berhubungan dengan beberapa nutrisi seperti omega-3, vitamin B, zat besi, magnesium, asam amino, dan zinc. Manfaat ini akan semakin terasa untuk otak ketika memahami kandungan gizi dalam menu yang kamu masak. Jadi, pahami nutrisi apa yang sedang kamu olah dalam masakan ya!

Beri Perhatian Penuh

Lisa Bahar, LMFT, LPCC, terapi pernikahan asal Amerika Serikat, mengatakan jika memberi perhatian penuh saat memasak dapat membantumu dalam menurunkan tingkat stres.

Apresiasi Masakanmu

Memasak memang kadang melelahkan, apalagi jika jumlahnya banyak. Namun, cobalah membiasakan diri mengambil waktu sebentar untuk mengapresiasi hasil masakanmu sebelum memanggil anggota keluarga. Hal ini akan menghapus rasa lelah setelah memasak.

Baca lainnya  Kenali Manfaat Kulit Jeruk Berikut ini

Ekspresikan Diri

Memasak sejatinya menjadi salah satu cara kreatif dalam mengekspresikan diri. Bagi kamu yang kurang percaya diri, dengan terapi memasak bisa membuatmu meningkatkan tingkat kepercayaan diri. Coba deh!

Memasak Bersama

Jika memasak bersama anggota keluarga seperti suami maupun anak-anak akan membuat hubungan menjadi lebih baik. Memasak membuat komunikasi menjadi lebih baik karena adanya kerjasama dan pembagian tugas saat memasak antara kamu dan anggota keluarga lainnya. Maka dari itu tak jarang momen memasak bersama mampu memperkuat emosional kita.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!