Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Merawat Kulit Wajah Berminyak

makanan sehat Kulit Wajah-Berminyak via freepik ala duniamasak

Seringkali para wanita sangat mengkhawatirkan kesehatan kulitnya terutama pada bagian wajah. Hal ini dikarenakan bagian wajah sangatlah terlihat oleh orang sekeliling dan paling sering terkena cahaya matahari serta debu. Oleh karena itu, jenis kulit wajah dikelompokkan dalam beberapa bagian antara lain kulit normal, kulit sensitif, kulit kering, dan kulit berminyak. Kali ini, Duniamasak.com ingin membahas bagaimana cara merawat kulit wajah berminyak dengan mengonsumsi makanan sehat karena terkadang skin care dan make up saja tidak cukup. Perawatan akan lebih sempurna jika dilakukan dari dalam hingga ke luar. Yuk, simak rekomendasi makanan sehat untuk merawat kulit wajah berminyak di bawah ini.

Makanan Sehat Untuk Kulit Wajah Berminyak

Sayur Hijau

makanan Sehat Kulit Wajah Berminyak sayuran hijau via freepik ala duniamasak
Sayur hijau via freepik

Seperti yang diyakini bahwa sayuran pasti memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Ternyata sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan kale tidak mengandung minyak malah sangat kaya akan serat. Bayam mengandung kadar air yang tinggi sehingga dapat menjaga hidrasi kulit serta brokoli yang merupakan superfood dengan kandungan vitamin C, magnesium, dan vitamin A yang dapat mencegah terhambatnya pori-pori kulit. Sayur-sayuran ini dapat membersihkan serta meregulasi produksi minyak dalam kulit wajah.

Baca lainnya  Ingin Menyantap Dessert Yang Sehat? Yuk, Coba Resep Sorbet!

Pisang

makanan Sehat Kulit Wajah Berminyak pisang via freepik ala duniamasak
Pisang via freepik

Selain sayuran, tentunya buah merupakan pilihan makanan sehat untuk merawat kulit wajah. Buah yang bisa dicoba salah satunya adalah pisang. Buah ini mengandung vitamin E, fosfat dan potasium yang akan membantu dalam meningkatkan kesehatan kulit. Pisang juga berfungsi dalam detoksifikasi bahkan dapat membantu untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Alpukat

makanan Sehat Kulit Wajah Berminyak alpukat via freepik ala duniamasak
Alpukat via freepik

Salah sau buah yang dapat dikonsumsi untuk merawat kulit wajah selain pisang adalah alpukat. Buah ini sangat berguna untuk kecantikan kulit karena mengandung asam lemak yang baik untuk kulit serta mencegah keluarnya minyak berlebihan dari pori-pori wajah. Dan yang lebih mengagetkan, alpukat juga merupakan buah yang mengandung sumber antioksidan carotenoid yang dapat mengencangkan kulit serta memperbaiki skin tone.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan via freepik ala duniamasak
Kacang-kacangan via freepik

Percayakah bahwa kacang-kacangan juga dapat membantu merawat kulit wajah wanita? Ada beberapa orang yang percaya bahwa kacang bisa membuat wajah menjadi jerawatan namun ada juga beberapa jenis kacang-kacangan yang justru membantu dalam menjaga kulit. Kacang-kacangan sebenarnya kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan kulit dan mengandung anti-inflamasi yang dapat memperbaiki tekstur kulit. Namun perlu diingat untuk tidak mengonsumsi kacang secara berlebihan karena bisa membuat keadaan wajah menjadi kurang baik. Jadi, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter kulit pribadi agar memiliki porsi asupan kacang sesuai kebutuhan masing-masing.

Baca lainnya  Golden Dragon Melamin, Peralatan Makan Berbasis Food Grade & Halal

Gandum Utuh

Gandum utuh via freepik ala duniamasak
Gandum utuh via freepik

Dalam merawat kulit wajah, maka perlu untuk mengurangi konsumsi karbohidrat dan lemak. Hal ini perlu diganti dengan memperbanyak konsumsi gandum utuh. Makanan ini mempunyai kandungan tinggi akan serat yang dapat mengurangi toksin dari tubuh serta menyehatkan kulit. Serat juga efektif dalam melancarkan pencernaan dan membuat kenyang lebih bertahan lama. Maka dari itu, banyak orang yang sudah memilih untuk mengonsumsi roti gandum dan beras merah ketimbang beras putih untuk resep makanan sehat terutama dalam merawat kulit wajah.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!