Rempah Populer di Dapur: Harus Selalu Sedia ya!

Rempah populer yang wajib ada di dapur ala duniamasak.com via tastessence.com

Hai sahabat duma, kamu sedang dalam proses belajar memasak? Nah, kamu wajib tahu nih rempah populer atau rempah yang wajib disediakan di dapurmu. Simak informasi lengkapnya di bawah ini yuk!

Rempah Populer

Rempah populer bawang via hovidonlinestore.com

Rempah populer bawang via hovidonlinestore.com

1. Bawang Merah & Bawang Putih

Bawang merah dan bawang putih bisa dikatakan sebagai rempah paling populer dan hampir digunakan sebagai bumbu dasar dari berbagai hidangan. Selain memberikan rasa yang lebih gurih, kedua bumbu ini kerap digunakan karena aromanya yang harum ketika ditumis dengan minyak goreng.

Selain dimasak bersama kuliner lainnya, bawang merah dan bawang putih kerap digoreng untuk dijadikan sebagai pelengkap hidangan dengan cara ditaburi diatas makanan seperti soto, nasi goreng, bubur ayam, dan makanan lainnya.

2. Bawang Bombay

Selain bawang merah dan bawang putih, rempah lain yang termasuk dalam bumbu dapur wajib adalah bawang bombay. Bawang bombay memiliki ukuran yang lebih besar dan membulat. Dibandingkan dengan bawang merah dan bawang putih, bawang bombay memiliki harum yang tidak terlalu tajam namun harum. Selain ditumis, bawang bombay juga biasa disantap dalam kondisi segar sebagai campuran dari salad dan juga bisa disajikan sebagai camilan onion ring dengan menggorengnya dalam balutan tepung.

Baca lainnya  Cantik Nggak Mahal dengan 6 Bahan Rempah ini!

3. Berbagai Jenis Cabai

Bahan dasar dapur wajib selanjutnya adalah cabai. Karena Indonesia terkenal akan rasa kulinernya yang pedas, ada banyak sekali varian dari bumbu dapur satu ini dengan tingkat pada yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan tingkat pedas paling tinggi, bisa mencoba menggunakan cabai rawit dan cabai burung, sedangkan cabai keriting bisa jadi pilihan pemberi rasa pedas namun tidak setajam cabai rawit.

Biasanya bumbu dapur wajib satu ini diolah dengan cara ditumbuk dan dihaluskan dalam hidangan nusantara. Namun, dalam hidangan yang lebih modern, cabai umumnya hanya diiris sebelum digunakan untuk memasak. Selain digunakan dalam keadaan segar, cabai juga bisa dikeringkan.

4. Merica

Merica juga dikenal dengan nama lada merupakan bumbu dapur yang memiliki cita rasa pedas dan sedikit pahit. Merica atau lada biasa menjadi bagian dari hidangan khas Indonesia seperti bumbu ayam goreng, sop, dan berbagai hidangan lainnya. Bumbu dapur ini juga tersedia dalam bentuk bubuk untuk digunakan sebagai pelengkap makanan.  Lada bubuk ini bisa kamu tabur ke berbagai makanan seperti mie, soto, dan lainnya.

Baca lainnya  Fakta Seputar Kopi untuk Anak: Simak Penjelasannya di Bawah!

5. Jahe

Selain terkenal sebagai bahan dasar memasak, bumbu dapur satu ini juga kerap digunakan sebagai obat-obatan. Jahe memiliki cita rasa pedas dan biasa digunakan untuk kuliner bersantan dan juga ditumis. Selain masakan, jahe juga kerap menjadi bahan dalam membuat minuman-minuman hangat seperti wedang jahe.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!