Resep Bibimbap yang Bisa Dicoba di Rumah!

Resep bibimbap via freepik ala tim duniamasak.com

Apakah sahabat Duma merupakan salah satu pecinta kuliner khas Korea? Bila iya, tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama bibimbap. Bibimbap adalah satu makanan khas Korea yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Selain itu, makanan yang satu ini memang kerap tampil di drama-drama Korea, sehingga membuat orang penasaran dan ingin mencobanya. Kali ini, tim Duniamasak.com akan membagikan resep bibimbap yang bisa sahabat Duma coba di rumah.

Sekilas Tentang Bibimbap

Resep bibimbap via freepik ala tim duniamasak.com
Resep bibimbap via freepik

Bibimbap adalah makanan yang berasal dari Korea. Makanan ini disajikan di manguk yang berisi nasi dengan topping sayuran, daging, saus, telur, dan tambahan lainnya. Bibim sendiri berarti campur, sedangkan Bap artinya nasi. Tidak heran bila makanan ini juga bisa dikatakan sebagai nasi campur karena banyaknya varian topping yang ada. Untuk menyantapnya pun kita harus mengaduk nasi dengan lauk.

Bibimbap sendiri ternyata sudah ada dari jaman dahulu. Bahkan ada yang mengatakan biasanya makanan ini digunakan sebagai sesaji untuk persembahan ruh atau arwah. Namanya heotjesabap atau yang berarti makanan sehabis jesa yang mirip dengan resep bibimbap. Umumnya setelah melakukan ritual jesa (upacara tradisional untuk memperingati hari kematian), orang Korea mengkonsumsi makanan ini. Orang-orang akan saling berbagi makanan dan mencampurkanya ke dalam satu mangkuk.

Baca lainnya  3 Resep Kue Kering Natal yang Memanjakan Lidah dan Instagrammable

Semakin berkembangnya jaman, Bibimbap pun memiliki banyak variannya. Bahkan ada juga bibimbap yang terkenal di kota Jeonju, namanya “Jeonju Bibimbap”. Bibimbapnya terkenal karena memiliki banyak varian. Bila sahabat Duma berkunjung ke Korea, pasti dengan mudah menemukan makanan ini. Berikut ini adalah resep bibimbap yang dapat sahabat Duma coba dirumah:

Resep Bibimbap ala Tim Duniamasak

Bahan-bahan:

  • Nasi matang
  • Tauge secukupnya
  • Bayam secukupnya
  • 1 buah mentimun atau labu
  • 2 buah wortel
  • 6 buah jamur shitake
  • 200 gr daging giling
  • 2 buah telur ayam

Bumbu:

  • 2 sdm saus gochujang
  • Kecap asin secukupnya
  • 6 siung bawah putih
  • Minyak wijen secukupnya
  • Minyak sayur secukupnya
  • Biji wijen sangrai

Cara memasak bibimbap:

  1. Rebus semua sayuran secara terpisah.
  2. Rebus tauge dengan segelas air, kemudian sisihkan tauge dari air. Campur tauge tersebut dengan 1 minyak wijen dan garam.
  3. Rebus bayam, kemudian pisahkan dari air. Campur dengan kecap asin sebanyak 1 sendok teh, garam, bawang putih halus dan 1 sendok minyak wijen.
  4. Potong mentimun seperti korek api, kemudian tumis dengan minyak sayur. Setelah matang, sisihkan.
  5. Potong jamur shitake seperti korek api, kemudian tumis dengan minyak sayur, 2 sendok teh kecap manis, 2 sendok gula dan aduk hingga matang, sisihkan.
  6. Tumis daging giling hingga matang bersamaan dengan wortel serta minyak sayur. Tambahkan gula pasir dan bawang putih yang dihaluskan serta merica secukupnya, sisihkan.
  7. Untuk telur, dapat sahabat Duma goreng maupun di rebus. Buatlah telur mata sapi agar tampilan bibimbap semakin menarik.
  8. Setelah bahan-bahan dipersiapkan dan sudah matang, maka kita ke tahap penyusunan.
  9. Ambil nasi hangat secukupnya dan letakkan didalam mangkuk.
  10. Kemudian susun sayuran, daging, hingga telur diatasnya.
  11. Bibimbap siap disajikan.
Baca lainnya  Ciri Kentang yang Berkualitas, Perhatikan Hal-hal Berikut ini!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!