Resep Membuat Matcha Enak di Rumah!

Share artikel ini:

Jepang merupakan negara yang memiliki berbagai jenis ciri khas. Kuliner: makanan dan minuman, wisata, produksi, transportasi dan lain sebagainya. Namun, jika kamu ingin menikmati kuliner baik makanan maupun minumannya, di Indonesia sudah tersedia berbagai restoran Jepang yang bisa langsung kamu kunjungi.

Matcha menjadi salah satu minuman favorit di kalangan masyarakat Indonesia. Tak perlu repot, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Sebelum membuat kamu harus menyiapkan bubuk macha dan chasen (pengaduk macha yang terbuat dari bambu). Dengan chasen, kamu akan lebih mudah untuk membuat matcha sendiri di rumah.

Matcha Via Doctoroz.com

Langkah Pertama: Saring dan Masukkan Bubuk Matcha ke Dalam Mangkuk Teh

Sebelum memasukkan bubuk matcha ke dalam chawan atau mangkuk teh, sebaiknya kamu menyaringnya terlebih dahulu. Akan lebih baik jika kamu menggunakan furui atau ayakan bubuk matcha agar bubuk teh tersebut tidak menggumpal. Hal ini dilakukan agar proses mengaduk menjadi lebih cepat dan mudah. Jika kamu memiliki chashaku atau sendok khusus untuk matcha, tuangkan 2 sendok bubuk ke dalam mangkuk. Namun, jika kamu hanya memiliki sendok teh biasa, cukup tuangkan setengah sendok saja ke dalam mangkuk. 

Langkah Kedua: Tuangkan Air Panas ke Dalam Mangkuk

Proses selanjutnya adalah menuangkan air panas ke dalam mangkuk yang sudah berisikan bubuk matcha sebelumnya. Suhu yang baik yang biasa digunakan sekitar 80-90º C. Suhu yang digunakan haruslah tepat, jika terlalu panas akan mempengaruhi rasa dari matcha, sebaliknya jika suhu air terlalu rendah akan memunculkan busa yang tidak diinginkan ketika diaduk.

Baca lainnya  Tips Mengocok Telur Agar Mengembang Sempurna!

Langkah Ketiga: Membuat Macha

Setelah menuang air panas, inilah saatnya kamu mengaduk matcha menggunakan chasen. Proses inilah yang menentukan berhasil tidaknya matcha yang kamu buat. Perlu diperhatikan, chasen tidak bisa dicuci dengan sabun cuci. Jadi, jika kamu sudah selesai menggunakannya, cukup bilas dengan air saja dan biarkan hingga kering seluruhnya. Saat ini, chasen sudah bisa ditemui di toko-toko khusus teh, atau toko souvenir khas Jepang.

Matcha Via Sf.eater.com

Jika air panas sudah dituangkan, aduklah matcha sesegera mungkin. Saat mengaduk, gerakkan chasen secara bolak-balik seperti membentuk gelombang. Jika kamu merasa matcha sudah tercampur, di sinilah tantangannya baru dimulai. Sebenarnya tidak ada perubahan besar dari gerakan awal, hanya saja kamu harus mengerakkan tangan lebih cepat dari sebelumnya. Ayunkan pergelangan tanganmu untuk mengaduk matcha. Pada saat ini, jangan biarkan chasen melekat pada bagian dasar mangkuk.

Mangkuk Onyx Via Duniamasak.com

Setelahnya, terlihat gambaran permukaan air yang seperti diusap dengan lembut. Bila kamu lihat lebih dekat lagi, buih-buih kecil yang muncul di permukaan air matcha membentuk huruf hiragana “の” (no). Dalam bahasa jepang “の” (no) adalah partikel yang sering digunakan untuk kepunyaan.

Baca lainnya  Cobain Aneka Olahan Roti Tawar Ini Agar Tidak Cepat Bosan

 

Matcha Via shuharicafe.com

Sangat mudah kan? Selamat membuat matcha di rumah ya sahabat duma! Dishare yuk!

 

Share artikel ini:

Yuk bahas artikel ini!