Saatnya Mencoba Makanan Khas Turki

Makanan Turki via freepik ala duniamasak

Turki merupakan sebuah negara yang cukup unik. Negara ini terbentang luas di kawasan Eurasia sehingga banyak yang bisa dieksplorasi ketika berkunjung ke Turki. Tidak hanya dalam segi wisata sejarah, namun tentunya untuk wisata kuliner juga mempunyai ragam rasa yang wajib dicicipi. Yuk, saatnya mencoba makanan khas Turki berikut ini!

Makanan Khas Turki

Kebab

Makanan Turki kebab via freepik ala duniamasak
Kebab via freepik

Pastinya makanan ini sudah tidak asing dilidah masyarakat Indonesia. Kebab merupakan salah satu makanan Turki yang paling disukai banyak orang di seluruh dunia sehingga di beberapa negara juga banyak terdapat kedai yang menjual makanan ini. Kebab berisi irisan daging kambing atau sapi yang dipanggang lalu digulung di dalam roti pita yang gurih. Biasanya, kebab juga diberi toppingย irisan tomat, bawang bombay, selada, dan akan ditambahkan saus sambal atau mayonaise.

Dondurma

Dondurma turkey ice cream via nusadaily.com ala duniamasak
Dondurma via nusadaily.com

Nah,makanan ini juga sudah populer di beberapa negara di dunia karena keunikannya. Dondurma adalah es krim khas Turki yang memiliki tekstur cenderung lengket seperti permen karet dan tidak mudah meleleh. Maka dari itu, banyak pedagang Dondurma menjajakan dagangannya dengan cara unik seperti atraksi yang dilakukan kepada pembeli dengan tongkat besi panjang. Biasanya, pembeli akan dihibur dengan atraksi penjual yang meminta pembeli untuk memegang cone es krim sementara penjual akan menipu dengan mengambil dan meletakkan es krim terus-menerus di cone tersebut hingga pembeli merasa terhibur. Disitulah letak keunikan dan menariknya dari Dondurma, es krim khas Turki ini.

Baca lainnya  Tips Lengkap Memilih Ikan Segar

Baklava

Makanan Turki Baklava via freepik ala duniamasak
Baklava via freepik

Baklava adalah roti lapis dengan isian kacang yang dihidangkan bersama madu atau sirup. Jika diperhatikan, Baklava sangat mirip dengan pisang bolen karena teksturnya. Roti ini sangat mudah ditemukan di toko kue di Turki. Baklava juga cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk sanak saudara cicipi ketika pulang ke rumah.

Kunefe

Kunefe via freepik ala duniamasak
Kunefe via freepik

Selain Baklava, ada juga hidangan Turki yang disajikan dengan pendamping madu. Kunefe merupakan makanan yang terbuat dari lapisan adonan pastri yang ditumpuk lalu diberi isian keju atau kacang kemudian disiram dengan sirup atau madu. Biasanya, makanan ini juga sering ditaburi dengan kacang pistachio giling sebagai topping pelengkap.

Pide

Makanan Turki Pide via freepik ala duniamasak
Pide via freepik

Tidak hanya di Italia, namun ternyata di Turki juga terdapat pizza yang rasanya khas. Pide adalah pizza yang mempunyai bentuk seperti daun panjang. Sama dengan pizza pada umumnya, toppingย Pide juga berisi daging cincang, paprika, serta taburan keju. Pizza ini sangat cocok disantap beramai-ramai dengan teman sambil menikmati liburan di Turki.

Baca lainnya  Khasiat Puding Rumput Laut Bagi Kesehatan Tubuh

Hummus

Hummus via freepik ala duniamasak
Hummus via freepik

Hidangan yang satu ini merupakan makanan sehat yang wajib dicoba di Turki. Hummusย merupakan hidangan seperti bubur atau selai gurih yang dibuat dari kacang Arab, minyak zaitun, air perasaan limau, garam dan bawang putih. Hummus adalah sebuah hidangan pembuka sehingga biasanya makanan ini akan disantap bersama roti pita.

Lokum (Turkish Delight)

Lokum atau Turkish Delight via freepik ala duniamasak
Lokum atau Turkish Delight via freepik

Makanan ini akan sering ditemui di toko oleh-oleh di Turki. Lokum atau Turkish Delight adalah permen atau manisan khas Turki yang terbuat dari gel pati dan gula. Permen ini dihidangkan dalam bentuk potongan kecil seperti kubus atau bundar dengan berbagai warna dan ditaburi dengan gula bubuk supaya tidak terlalu lengket. Biasanya, ada beberapa jenis Lokum yang ditambahkan dengan bahan lain seperti potongan kurma, kacang-kacangan, dan bahan perasa lainnya seperti lemon, kayu manis, atau rasa mint.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!