Sama-sama Cokelat, Apa Beda Cokelat Siap Makan dengan Cokelat Masak?

Beda Cokelat Siap Makan dengan Cokelat Masak via freepik ala tim Duniamasak

Bisa dibilang bahwa cokelat adalah makanan yang mudah diterima di lidah setiap orang. Pasalnya, darimanapun asal cokelat tersebut pasti tetap menjadi favorit dan rasanya pun tetap sesuai dengan lidah orang dari berbagai negara. Tidak heran, jika cokelat adalah makana yang mudah kita temui dimanapun kita berada. Saking populernya, cokelat biasanya menjadi salah satu buah tangan yang wajib dibawa sepulang melancong dari suatu tempat atau negara. Berbicara soal cokelat, ternyata cokelat juga memiliki beberapa varian lho sahabat Duma. Cokelat yang sering kita temui adalah cokelat siap makan dan cokelat masak. Sama-sama varian cokelat, apa beda cokelat siap makan dengan cokelat masak? Yuk ikuti ulasannya dibawah ini.

Cokelat Siap Makan vs Cokelat Masak

Beda Cokelat Siap Makan dengan Cokelat Masak via freepik ala tim Duniamasak
Cokelat Masak via freepik

Umumnya kita mengkonsumsi cokelat untuk cemilan sehari-hari. Cokelat tersebut termasuk dalam kategori cokelat yang memang siap untuk dimakan. Namun bagaimana jika kita ingin mengolah suatu makanan yang membutuhkan tambahan cokelat? Usut punya usut ternyata cokelat yang digunakan dalam mengolah makanan seperti cake ataupun makanan lainnya berbeda lho dengan cokelat yang biasanya kita langsung makan. Berikut ini adalah beda cokelat siap makan dengan cokelat masak :

Baca lainnya  Tips Membeli Kue Kering Natal

Kegunaan

Dari namanya pun kita pasti sudah tahu ya bahwa kedua varian cokelat tersebut memiliki kegunaan yang berbeda. Bila cokelat siap makan mudah kita temui di minimarket dan dapat langsung kita konsumsi. Lain halnya dengan cokelat masak yang menjadi pelengkap makanan lain dan harus diolah terlebih dahulu. Umumnya cokelat masak digunakan untuk makanan yang dipanggang, cake brownies dan makanan lainnya. Nah, bagi sahabat Duma yang ingin ngemil jangan sampai salah membeli cokelat ya!

Bentuk

Cokelat siap makan biasanya berbentuk lebih tipis dan mudah untuk dikonsumsi langsung. Berbeda dengan cokelat masak, bentuk cokelat masak lebih tebal.

Warna

Sebetulnya cukup mudah untuk membedakan cokelat siap makan dan cokelat masak. Karena cokelat siap makan memiliki warna yang lebih gelap dibanding dengan cokelat siap makan.

Baca lainnya  Kue Ulang Tahun Anti Mainstream Diganti dengan Nasi Tumpeng Aja Nih!

Tekstur

Tekstur pada cokelat siap makan lebih lembut karena cokelat siap makan mengandung tambahan susu. Sedangakan cokelat masak teksturnya padat hal itu dikarenakan cokelat masak memiliki kandungan kakao yang lebih banyak.

Kandungan

Perbedaan cokelat siap makan dengan cokelat masak yang terakhir adalah cokelat siap makan mengandung sedikit kokoa serta mengandung gula dan susu. Karena kandungan tersebut membuat cokelat siap makan lebih manis dan enak jika langsung dimakan. Sedangkan cokelat masak mengandung banyak kakao yang membuat rasanya pun sedikit pahit dan kurang nikmat rasanya jika langsung dimakan. Namun perlu diketaui bahwa kedua varian cokelat tersebut sama-sama mengandung minyak nabati.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!