Selain Kedelai, Bahan Ini Juga Dapat Membuat Tempe!

Membuat tempe via freepik ala tim duniamasak

Tempe adalah makanan yang memiliki banyak penggemar. Bahkan bisa dikatakan kehadiran tempe sejak dahulu kala tidak pernah tergantikan dengan munculnya makanan-makanan yang modern. Rasanya yang enak dan dapat dijadikan makanan apa saja, tentunya membuat kita sangat menyukai tempe. Tidak heran bila sebagian sebagian orang pun penasaran dan ingin membuatnya sendiri. Tahukah sahabat Duma, bahwa selain kedelai ternyata bahan-bahan ini dapat dijadikan alternatifnya lho!

Bahan Pengganti Kedelai

Bahan tempe selain kedelai via freepik ala duniamasak
Tempe via freepik

Seperti yang kita ketahui, bahwa kedelai adalah bahan paling penting dalam menciptakan sebuah tempe yang enak. Rupanya, selain kedelai bahan-bahan yang lainnya juga dapat menggantikan kedelai. Yuk coba buat dirumah dari salah satu bahan dibawah ini!

Kacang edamame

Kacang edamame merupakan kacang kedelai yang asalnya dari Negeri Sakura. Umumnya kacang ini dipanen saat masih muda dan masih berwarna hijau. Kacang edamame sering direbus bersamaan dengan kulitnya dan dijadikan camilan. Soal rasa, kacang edamame ini memiliki rasa yang manis dibanding kacang kedelai. Kacang edamame kaya akan mineral dibandingkan kacang kedelai. Selain itu edamame juga dapat dijadikan bahan pengganti kedelai saat membuat tempe.

Baca lainnya  Natalia Wijaya "Memasak adalah Berbagi dengan Ketulusan"

Kacang tolo

Kacang tolo memang terdengar agak asing ditelinga kita. Walaupun kacang ini tidak sepopuler kacang tanah ataupun kacang hijau. Rupanya kacang tolo juga dapat dijadikan pengganti bahan utama dari pembuatan tempe. Nama lain dari kacang tolo adalah kacang kebo atau dadap dan kacang tunggak.

Kacang hijau

Wah kalau untuk kacang hijau pasti sahabat Duma sudah tau kan bentuknya seperti apa? Kacang hijau dapat menjadi alternatif bahan pembuatan tempe. Kacang hijau sendiri memiliki nama latin vigna radiata yang masih keluar kacang-kacangan. Kacang hijau memiliki banyak kandungan yang bermanfaat. Tidak ada salahnya menggunakan kacang hijau sebagai bahan utama tempe karena kacang hijau memilki sumber protein nabati yang paling baik.

Baca lainnya  Sejarah Hingga Resep Tahu Takwa Kediri: Yuk Buat Sendiri

Kacang kedelai hitam

Kacang kedelai hitam memiliki kandungan protein yang tingga, selain itu juga terdapat kandungan kalium, magnesium, serta vitamin B12. Sebetulnya kandungan dari kacang kedelai hitam masih banyak lagi. Kacang kedelai hitam juga dapat dijadikan pengganti kedelai. Olahan tempe dari kacang kedelai akan memiliki warna yang kehitaman karena efek dari warna kacang kedelai ini. Tentunya hal itu akan membuat keunikan tersendiri ya sahabat Duma!

Kacang koro

Sama halnya seperti kacang edamame, kacang koro sering dijadikan camilan. Kacang ini dapat diolah dengan cara digoreng maupun disangrai. Selain rasanya yang lezat ternyata kacang koro juga dapat menggantikan kedelai sebagai bahan utama pembuatan tempe. Kacang koro ini memiliki kandungan yang sangat baik, terutama kacang ini merupakan sumber folat dan juga mangat. Seperti yang kita ketaui folat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!