Setelah Donor, Yuk Minum Jus Penambah Darah

Jus penambah darah via freepik ala duniamasak

Tepat tanggal 17 September, sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan terbentuk. Ya, Palang Merah Indonesia atau yang bisa disingkat PMI mempunyai tugas pokok yang meliputi Kesiapsiagaan Bantuan dan Penanggulangan Bencana, Pelatihan Pertolongan Pertama untuk Sukarelawan, Pelayanan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat, serta Pelayanan Transfusi Darah. Yang paling lekat di masyarakat kini adalah kegiatan donor darah yang dilakukan PMI untuk membantu orang yang membutuhkan transfusi darah. Setelah melakukan kegiatan tersebut, pasti darah akan berkurang dan butuh makanan atau minuman seperti jus untuk penambah darah.

Jus Sayuran dan Buah Penambah Darah

Ketika melakukan kegiatan donor darah, maka kemungkinan akan kehilangan beberapa volume darah. Di sisi lain, dibutuhkan beberapa minggu untuk mengembalikan sel – sel darah dalam tubuh. Di saat ini, butuh asupan yang tepat agar dapat meningkatkan produksi sel darah dengan cepat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Pilihlah sayur dan buah yang mengandung banyak zat besi dan vitamin. Jika ingin lebih praktis, bisa diolah menjadi satu kesatuan dengan cara di jus. Jadi setelah donor, yuk minum jus sayuran dan buah penambah darah yang akan dijelaskan di bawah ini:

Baca lainnya  Gimana Sih Cara Merawat Kulkas 2 Pintu?

Jus Apel

Jus penambah darah 1 via freepik ala duniamasak
Jus apel via freepik

Dengan mengonsumsi apel setiap hari dapat membantu meningkatkan kesehatan karena mengandung serat, vitamin, fitonutrien, beta karoten, vitamin, zat besi, dan antioksidan untuk menambah darah. Zat besi dapat meningkatkan kadar hemoglobin sehingga tubuh bisa lebih cepat pulih dari kekurangan darah. Untuk mengolah jus apel, cukup siapkan buah apel lalu bisa ditambahkan sedikit gula dan air secukupnya.

Jus Stroberi

Jus penambah darah 2 via freepik ala duniamasak
Jus stroberi via freepik

Buah berwarna merah ini tidak hanya indah dipandang mata, namun juga sehat serta bisa digunakan untuk penambah darah. Stroberi mengandung vitamin A, vitamin B, dan juga vitamin C. Selain itu, stroberi juga bisa meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh. Untuk mengolah jus stroberi, blender buah stroberi lalu bisa menambahkan buah apel sebagai opsi kemudian beri satu sendok madu dan air secukupnya.

Baca lainnya  7 Jenis Jambu Biji Sehat dan Enak, Coba Satu Jenis Mana Cukup!

Jus Wortel

Jus penambah darah 3 via freepik ala duniamasak
Jus wortel via freepik

Sayuran berwarna oranye ini cukup terkenal dapat menyehatkan penglihatan. Selain itu, wortel juga memiliki kandungan vitamin B, vitamin C, kalsium, kalium, magnesium, sodium, dan zat besi. Untuk mengolah jus wortel, juga bisa dicampurkan dengan bayam dan seledri agar semakin menambah energi dalam tubuh. Cuci semua bahan sayur sampai bersih lalu blender dengan air secukupnya.

Jus Bit

Jus bit via freepik ala duniamasak
Jus bit via freepik

Bit merupakan makanan yang tinggi akan kandungan asam folat, vitamin C, magnesium, fosfor dan zat besi. Untuk mengolah jus bit, tentunya juga bisa dicampur dengan buah atau sayur lain. Siapkan buah bit lalu campurkan dengan sawi putih dan anggur. Blender semua bahan dan saring agar mendapat sari jusnya serta akan lebih segar jika ditambahkan es batu.

Jus Lobak

Jus lobak via beritahits99 ala duniamasak
Jus lobak via beritahits99

Di dalam lobak, terdapat kandungan asam folat, kalium, kalsium, dan vitamin C. Untuk mengolah jus lobak, akan lebih baik jika dicampurkan selada air atau bayam agar menjadi minuman jus penambah darah yang kaya akan zat besi. Siapkan semua bahan lalu cuci bersih kemudian cincang. Blender dengan air secukupnya dan sajikan dengan es batu agar lebih dingin serta selagi masih segar.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!