Tahukah Kamu Khasiat Oncom Bagi Kesehatan Tubuh?

Oncom merupakan makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari kedelai yang telah di fermentasi. Terdapat 2 jenis oncom yaitu oncom merah dan oncom hitam. Keduanya memiliki kandungan gizi yang tinggi. Banyak yang berpendapat bahwa oncom kurang diminati oleh rakyat Indonesia khususnya Jakarta. Hal ini terjadi karena oncom dinilai kurang higienis serta warnanya yang tidak menarik. Namun, kali ini tim Duniamasak akan meyakinkan kamu bahwa oncom memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Khasiat Oncom Bagi Tubuh Manusia

Oncom merah via wikipedia.com ala duniamasak
Oncom merah via wikipedia.com

Sumber energi

Sebenarnya, oncom merupakan makanan yang terbilang relatif murah dan banyak ditemui dimana-mana. Namun, beberapa orang kurang suka untuk mengonsumsinya. Padahal dengan menyantap oncom, kamu akan mendapatkan sumber energi yang berlimpah. Dalam 100 gram oncom mengandung karbohidrat sebanyak 22,6 gram dan memiliki kandungan vitamun A, B1, dan C.

Membantu metabolisme tubuh

Selain menjadi sumber energi, oncom juga baik dikonsumsi untuk membantu metabolisme dalam tubuh. Hal ini membantu karena oncom mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Baca lainnya  Cara Mengolah Sayur Pakis, Sayur Unik Rasa Lezat!

Melancarkan peredaran darah

Tahukah kamu bahwa ternyata oncom juga bisa membantu dalam melancarkan peredaran darah? Oncom memiliki senyawa berupa asam resinoat dan retinol yang akan bekerja untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh manusia.

Mengurangi kadar kolesterol

Tidak hanya banyak mengandung karbohidrat, oncom juga mengandung serat yang berguna untuk membantu proses produksi asam lemak dalam tubuh. Salah satu penyebab berkurangnya kolesterol dalam tubuh adalah karena efek kolaboratif antara protein, pepsin, dan isoflavon aglikon. Maka dari itu, perlu adanya keseimbangan dalam produksi asam lemak di tubuh manusia.

Membantu kesehatan tulang

Masih ada satu lagi khasiat oncom untuk tubuh manusia yaitu dapat membantu dalam kesehatan tulang. Dalam 100 gram oncom, memiliki fosfor sebesar 115 mg dan kalsium 96 mg. Oleh karena kandungan tersebut, oncom dapat dikatakan berguna untuk membantu kesehatan tulang manusia.

Baca lainnya  Tips Cara Menyimpan Daging Supaya Bertahan Lama

Demikian khasiat oncom yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Sudahkah kamu makan oncom hari ini? Jika sudah, jangan lupa tulis komentarmu tentang khasiat yang telah kamu rasakan setelah mengonsumsinya ya 😀

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan