Fakta yang Jarang Diketahui Orang Banyak Tentang Takjil Kolak

Takjil Kolak untuk Ramadhan via Happy Fresh.id

Memasuki puasa Ramadhan hari pertama ini tentu keinginan tentang menyiapkan makanan yang enak-enak di saat berbuka membeludak. Salah satunya takjil kolak.

Bener banget, bulan Ramadhan memang identik dengan takjil kolak. Hidangan berkuah dengan kombinasi isi seperti pisang, kolang-kaling hingga ubi ini seakan menjadi sajian utama bergizi saat bulan Ramadhan tiba dan memang abadi dari dulu hingga sekarang.

Aroma manis kuah yang disiram dengan santan kelapa sebagai penambah gurihnya, memang akan membuat ketagihan. Maka dari itu, hidangan takjil kolak cocok dikonsumsi saat berbuka puasa.

Sahabat duma, kamu harus tahu juga tentang fakta unik dari takjil kolak ini. Sangat unik dan ternyata jarang diketahui banyak orang lho. Simak yuk!

Fakta Unik Takjil Kolak Pisang

Fakta Menarik dari Takjil Kolak Pisang via resep masakan
Fakta Menarik dari Takjil Kolak Pisang via resep masakan

Media Penyebaran Islam

Tahukah kamu asal usul lahirnya kolak? Ternyata berdasarkan sejarah kolak bisa ditarik dari sejarah penyebaran agama Islam di Indonesia. Saat itu, khususnya di pulau Jawa, belum banyak yang mengenal islam. Menurut sumber, para ulama Walisongo yang belajar banyak dari Timur Tengah coba menggunakan makanan sebagai media penyebaran islam.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa masyarakat Jawa dikenal dengan hidangan manis, banyak peramu saji di masa lalu mengkreasikan sebuah kudapan kuah dengan bahan baku buah yang tidaklah sulit ditemukan, pisang. Uniknya waktu penyajiannya pun dikhususkan pada Sya’ban, atau satu bulan sebelum memasuki bulan Ramadan, sebagai ajakan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca lainnya  Hindari Makanan Berikut ini, Sumber Bau Badan!

Fakta Nama Kolak

Tahukah kamu arti dibalik nama kolak itu sendiri? Ada yang menarik dari kolak. Sejarah menyatakan bahwa kolak diambil dari kata khalik yang berarti Sang Pencipta atau Tuhan. Konten penamaan ini yang menjadi salah satu media para ulama menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Oiya cerita lainnya adala jenis pisang yang enak dimasak untuk kolak adalah kepok yang sering diplesetkan menjadi kapok. Hal ini maksudnya adalah bertobat atas dosa-dosa yang telah dilakukan.

Pisang Kepok Isian Kolak

Pada awal keberadaannya, kolak hanya menggunakan pisang kepok sebagai isian bahan utama. Nah, seiring dengan berjalannya waktu, kolak pun mulai ditambahkan dengan aneka isian yang beragam. Sababat duma pernah jalan-jalan ke Bandung belum? Nah di sana kamu bisa menemui banyak takjil kolak yang terdapat pacar cinatapai, kolang kaling hingga biji salak lho. Apalagi saat Ramadhan tiba seperti sekarang, para penjual berlomba menampilkan kreatifitas takjil kolak yang beragam.

Modifikasinya daerah lainpun makin beragam lho sahabat duma! Jika kamu jalan-jalan ke Malang, kolak durian bisa kamu nikmati dengan beberapa sendok ketan hitam putih hingga pie kolak pisang. Nggak cuma nikmat disajikan hangat, kolak juga bisa dingin, lho, seperti yang hadir di es kolak kacang hijau atau es kolak cendol!

Baca lainnya  Jaga Kualitas Produkmu dengan Mesin Vacuum Sealer

Mulai Dicintai Eropa

Eropa? Mengapa Eropa? Ya, meskipun sejarahnya datang dari Pulau Jawa, nyatanya nama kolak sudah melanglang ke benua Eropa lho sahabat duma. Pada salah satu media: CNN mengabarkan bahwa kolak dengan aneka variasi cokelat dan potongan kacang sukses mejeng di Festival Buku Frankfurt 2015 lalu. Wah sangat keren bukan. Betapa bangganya kita sebagai masyarakat Indonesia.

Bahkan Bisa Jadi Lauk Pauk

Kolak umumnya dijadikan sebagai takjil saat bulan puasa. Maka dari itu, tak jarang jika ditanya berbuka puasa dengan menu apa, orang-orang kebanyakan menjawab dengan takjil kolak. Bener banget, sajian pembuka sebelum kamu makan besar.

Aneka takjil kolakpun beragam di jual di pasaran. Siap membuatmu ketagihan dengan rasa manisnya yang legit. Jika kamu ingin membuat takjil kolak untuk keluarga pun tak sulit lho. Berbagai resepnya juga tersedia. Oiya, jika kamu ingin request takjil kolak aneka kreasi bisa tulis di kolom komentar duniamasak di bawah ini ya sahabat duma!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!