Tempat Penyimpanan Makanan Ideal untuk Usaha Kecil dan Menengah

Tempat penyimpanan makanan via freepik ala tim duniamasak.com

Tempat penyimpanan makanan adalah faktor penting yang harus diperhatikan pada manajemen usaha makanan baik itu usaha kecil maupun menengah. Kelalaian sistem food storage dapat menyebabkan kerugian perusahaan yang jika terjadi terus menerus dapat mengancam keberlangsungan usaha makanan. Untuk itu, memilih tempat untuk menyimpan makanan ideal untuk usaha kecil dan menengah harus dilakukan dengan teliti berdasarkan berbagai pertimbangan dan perhitungan, di antaranya flow penjualan, jenis makanan yang dijual dan besar kecilnya usaha makanan yang Anda jalankan.

Cermat Memilih Tempat Penyimpanan Makanan, Faktor Penting yang Menentukan Kemajuan Usaha

Memilih tempat untuk menyimpan makanan yang ideal bagi usaha makanan yang kita jalankan harus dilakukan dengan cermat. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dengan sungguh-sungguh adalah memahami jenis usaha, kebutuhan suhu untuk jenis makanan yang harus disimpan, flow penjualan dalam usaha makanan, juga besar kecilnya usaha makanan yang dijalankan.

Sebab, tidak mungkin usaha makanan skala menengah menggunakan tempat penyimpanan makanan yang terlalu kecil, sebab hal ini akan membuat makanan kurang terjaga dengan baik kesegaran dan kualitasnya. Sebaliknya, memilih tempat penyimpanan yang terlalu besar untuk usaha yang kecil juga akan memengaruhi efektivitas dan efisiensi biaya operasional dalam usaha.

Baca lainnya  4 Hidangan Natal yang Nikmat dan Bergizi di Benua Eropa

Untuk itu, mari simak jenis-jenis tempat penyimpanan makanan ideal untuk usaha kecil dan menengah ini sebagai referensi kita yang ideal bagi usaha.

Fridge

Tempat Penyimpanan Makanan MODENA Kulkas 2 Pintu - CENTURION - RF 2241 S via duniamasak.com
MODENA Kulkas 2 Pintu – CENTURION – RF 2241 S via duniamasak.com

Fridge atau kulkas adalah jenis tempat penyimpanan makanan pertama untuk usaha makanan skala kecil atau rumahan. Dalam pelaksanaan usaha makanan skala kecil atau rumahan, kulkas dua pintu yang menyediakan ruang untuk pendingin dan pembeku sudah cukup mampu memfasilitasi kebutuhan usaha kita, contohnya untuk membuat es batu, menyimpan stock kaldu dan daging, juga untuk menyimpan sayur dan aneka bumbu di dalamnya. Bagian pembeku dalam fridge biasanya bersuhu maksimal 0 hingga -10 derajat celcius.

Freezer

Tempat Penyimpanan Makanan Kulkas Upright Freezer WIRATECH URF-1500-6D via duniamasak.com
Kulkas Upright Freezer WIRATECH URF-1500-6D via duniamasak.com

Freezer adalah jenis tempat penyimpanan makanan berikutnya yang memiliki satu jenis fungsi saja, yaitu pembeku dengan standar maksimal -28 derajat celcius. Tempat penyimpanan jenis ini biasanya berbentuk kotak dengan pintu pembuka di bagian atas. Freezer sesuai untuk kita yang memiliki usaha kecil hingga menengah, terutama yang menggunakan bahan-bahan segar seperti daging dan kaldu dalam pelaksanaannya. Selain itu, freezer tentu adalah pilihan utama bagi kita yang menjalankan usaha es krim baik skala kecil maupun menengah. Freezer hadir dalam berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Baca lainnya  Buat Masker Buah Sendiri Yuk!

Showcase

Tempat penyimpanan makanan Kulkas Upright Showcase Cooler THE COOL ALEX 3P Jumbo LED via duniamasak.com
Kulkas Upright Showcase Cooler THE COOL ALEX 3P Jumbo LED via duniamasak.com

Showcase adalah tempat penyimpanan makanan berikutnya yang berbentuk mirip dengan fridge, namun umumnya memiliki pintu tembus pandang terbuat dari kaca. Showcase sesuai untuk kita yang menjalankan usaha makanan siap saji seperti pudding, salad, cake, jus, sayur-sayuran atau buah-buahan. Selain itu, umumnya showcasae juga dipergunakan untuk menyimpan makanan dan minuman kemasan yang membutuhkan suhu dingin tak lebih dari 0 derajat celcius.

Berdasarkan harga, pada umumnya jenis tempat penyimpanan makanan yang memiliki harga paling tinggi adalah freezer, dengan kebutuhan daya listrik yang juga paling besar. Peringkat di bawahnya ditempati oleh showcase, dan yang paling terjangkau baik dari segi harga maupun daya listrik adalah fridge alias kulkas yang dimiliki oleh kebanyakan orang. Namun demikian, harga dan daya listrik yang dibutuhkan masing-masing jenis tempat makanan di atas juga tergantung dari jenis, model, ukuran dan kapasitas dari masing-masing jenisnya.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!