Kamu Pernah Mendengar Tentang Kue Ku? Berikut Penjelasannya!

Tentang Kue Ku via bukalapak.com

Kamu pernah mendengar tentang kue ku belum? Kue Ku adalah kue ketan berbentuk kura-kura yang biasanya berwarna merah merona khas Tionghoa. Nah, kue ini bisa dijadikan sebagai lambang panjang umur lho! Masih banyak lagi hal menarik dari kue ku ini yang dijamin akan membuatmu ingin mencobanya. Nih simak dulu informasi dari tim DuniaMasak berikut ini!

Tentang Kue Ku: Makanan Khas Imlek Lambang Panjang Umur

Mendengar tentang Kue Ku via www.netralnes.com

Kue Ku via www.netralnes.com

Kue ku ini merupakan jajanan basah yang dibuat dari bahan beras ketan. Dalam bahasa Tio-ciu ke dan dalam bahasa Hokkian ko. Ini merupakan makananan asal  bangsa Yue (Viet) yang sudah ribuan tahun lamanya. Cara membuat Kue Ku ini dari ketan yang ditumbuk sampai kalis dan diberi warna merah, lalu dibentuk bola yang diisi dengan kacang hijau.

Baca lainnya  Tips Lengkap Memilih Ikan Segar

Kue Ku ini hampir mirip dengan kue onde-onde yang tidak digoreng. Onde-onde merah ini kemudian dimasukkan dalam cetakan kayu yang berukiran kura-kura, lalu diketuk-ketuk di atas meja, maka berjatuhanlah di atas meja kue kura-kura merah merekah yang sering juga disebut kue tok.

Mengapa Cetakan Pembuatan Kue ku Berbentuk Kura-kura?

Berdasarkan cerita, pada zaman dahulu kala, tradisi sesajian kura-kura hidup ketika selesai panen pedesaan rutin dilaksanakan. Sajian ini pun dilaksanakan dalam sembayang. Nah, karena kegiatan rutinitas menyajikan kura-kura hidup ini membuat kura-kura hampir punah, maka masyarakat pun mulai membuat kue kura-kura dari ketan untuk menggantikannya.

Mengapa Kue Ku Dijadikan Lambang Panjang Umur Saat Imlek?

Hal menarik tentang kue ku lainnya adalah sebagai lambang panjang umur. Hal ini dikarenakan kura-kura yang memang umurnya panjang, seumur dengan manusia yang bisa hidup antara 80 tahun hingga 100 tahun. Dengan menghidangkan sesajian kue yang berbentuk kura-kura merah ang ku ko sewaktu sembahyang, harapannya adalah dapat berumur panjang serta dilimpahkan kesehatan pula.

Baca lainnya  Nur Sidawaty "Kisah The Castry (Cake Story)"

Bagaimana sahabat duma? bagi kamu yang belum pernah mencoba kudapan unik yang satu ini, kamu akan sering menemukannya saat imlek tiba. Jangan ketinggalan untuk mencicipinya ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!