Ternyata Ini Loh Nama Kukusan Bambu Dim Sum

Kukusan Bambu Dim Sum via freepik ala tim duniamasak.com

Dim sum biasanya disajikan saat masih panas di dalam kukusan bambu. Disajikan dengan kukusan bambu, rupanya ini adalah tradisi warisan China bertahun-tahun yang lalu. Dim sum dimasak dengan cara dikukus, ini juga merupakan tradisi turun temurun di China. Cara ini pun masih digunakan sampai saat ini dikarenakan alami dan juga murah. Kukusan bambu dim sum mengandalkan uap panas untuk membuat dim sum masak.

Kukusan Bambu Dim Sum

Kukusan Bambu Dim Sum via freepik ala tim duniamasak.com
Dim sum via freepik

Kukusan bambu dim sum itu umumnya disebut dengan klakat. Bentuknya yang bundar dengan diameter sekitar 20 cm hingga 60 cm. Klakat ini juga terbuat dari bambu yang di anyam tipis sehingga berbentuk lingkaran dan dapat saling menutup. Tiap klakat yang dibentuk pun memiliki permukaan yang melengkung agar dapat saling menumpuk dengan klakat-klakat yang lain. Dengan posisi menumpuk, uap pun dapat dengan mudah tersalurkan ke banyak klakat dan menghemat waktu dalam proses pengukusan dim sum.

Kukusan Bambu Dim Sum via freepik ala tim duniamasak.com
Tumpukan dim sum via freepik

Bila sahabat Duma ingin mencoba menggunakan klakat pada saat mengukus dim sum. Siapkanlah kukusan yang terbuat dari wajan besi atau stainless steel maupun alumunium. Bisa juga menggunakan kukusan panci merk Bima yang tersedia di Duniamasak.com. Isi air pada kukusan tersebut, sesuai dengan batas air pada kukusan panci. Kemudian nyalakan kompor hingga mendidih. Masukkanlah klakat pada panci tersebut hinngga uap mematangkan dim sum yang ada di dalamnya.

Baca lainnya  Makanan Ringan Khas Bandung Yang Terkenal Enak

Klakat ataupun kukusan bambu ini mudah ditemukan. Bahkan ada juga klakat yang berbahan dasar stainless steel yang dapat digunakan berkali-kli dalam jangka waktu yang lama. Untuk membersihkan klakat bambu sebaiknya hindari menggunakan deterjen atau pewangi karena aromanya akan menempel pada bambu. Cukup bilas dan rendam dengan air hangat kemudian sikat hingga bersih.

Klakat merupakan salah satu bagian terpenting dalam membuat dim sum. Alat masak tradisional China ini juga sangat ramah lingkungan karena terbuat dari bambu yang merupakan bahan alami. Penggunaan klakat pada dim sum juga tidak merusak aroma ataupun tekstur dari dim sum itu sendiri. Klakat ataupun kukusan bambu ini dapat ditemukan dalam berbagai macam ukuran.

Baca lainnya  Resep Cara Membuat Pie dari Singkong, Enak dan Gurih!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!