Ternyata Ini Loh Perbedaan Sereh Dapur dan Sereh Wangi

Perbedaan sereh dapur dan sereh wangi via freepik ala tim duniamasak.com

Sahabat Duma pasti sering menggunakan sereh sebagai bahan pelengkap untuk memasak bukan? Ya, sereh memang umumnya sering digunakan sebagai bahan untuk memasak. Rupanya sereh juga memiliki 2 varian lho sahabat Duma, yang pertama adalah sereh dapur sebagai pelengkap bahan untuk memasak dan juga sereh wangi yang menghasilkan wangi yang lebih mirip dengan minyak telon. Lalu apakah perbedaan keduanya?

Sereh Dapur dan Sereh Wangi

Perbedaan Sereh Dapur dan Sereh Wangi Sereh wangi via tokopedia ala tim duniamasak.com
Sereh wangi via tokopedia

Memang sebagian orang tidak banyak yang tahu bahwa ada dua macam sereh yang memiliki perbedaan. Dari namanya saja sudah berbeda bila sereh dapur memiliki nama latin Cymbopogon citrates sedangkan untuk jenis sereh wangi adalah Cymbopogon nardus. Dibawah ini adalah beberapa perbedaan keduanya:

Perbedaan Sereh Dapur dan Sereh Wangi sereh dapur via freepik ala tim duniamasak.com
Sereh dapur via freepik

Warna batang

Hal yang paling mudah membedakan dari kedua sereh itu adalah pada warnanya. Sereh dapur memiliki warna batang putih dan kehijauan sedangkan sereh wangi memiliki warna yang cenderung ungu dan kemerahan.

Baca lainnya  Minum Kopi Tunjang Produktifitas Kerjamu Nih!

Bentuk daun

Bentuk daun dari kedua jenis sereh ini ternyata memiliki perbedaan. Sereh dapur hanya memiliki panjang daun sekitar 60 cm sedangkan sereh yang berwarna kemerahan ini memiliki panjang daun 90 hingga 100 cm. Karena lebih panjang, hal itu sering membuat daun sereh wangi melengkung hingga menyentuh tanah.

Aroma

Aroma yang dihasilkan dari kedua sereh ini pun memiliki perbedaan. Bila sereh yang berwarna putih kehijauan ini memilki aroma yang sekilas mirip lemon, sedangkan sereh wangi memiliki wangi yang mirip dengan aroma mintak telon ataupun minyak tawon.

Kandungan

Kandungan yang ada pada sereh dapur adalah sitral. Sitral memberikan aroma yang khas sehingga memiliki rasa tersendiri bila dicampur dengan masakan. Sedangkan sereh wangi mengandung citronella oil yang bersifat antiseptik dan anti mikroba.

Baca lainnya  Semarak Ulang Tahun Jakarta, Cicipi Kuliner Betawi ini!

Fungsi

Tentu dari namanya saja kalian pasti sudah tahu bahwa sereh dapur digunakan untuk melengkapi bahan masakan yang ada di dapur. Namun untuk sereh wangi, ternyata digunakan untuk pembuatan minyak maupun sabun loh sahabat Duma. Tidak hanya itu sereh juga digunakan sebagai tanaman yang dapat mengusir nyamuk.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!