Tertarik Menjadi Barista? Simak Dulu Tugasnya!

Menjadi barista via freepik ala duniamasak

Sebagai pecinta kopi, pasti kamu sering mengonsumsi minuman pahit ini setidaknya seminggu 2 kali atau bahkan lebih. Kopi pun tidak hanya yang rasanya pahit namun ada juga yang memiliki rasa manis dengan campuran susu. Tergantung pada kedai mana yang menjual dan racikan dari sang barista. Tahukah kamu bahwa barista ikut menopang dan menjadi pondasi pada suatu kedai kopi? Jika kamu tertarik ingin tahu lebih banyak atau ingin terjun dalam pekerjaan barista, yuk simak beberapa tugas pentingnya disini!

Menjadi Barista

Barista merupakan orang yang memiliki tugas untuk membuat dan menyajikan minuman kopi untuk para pelanggan di kedai kopi. Sebagai salah satu ujung tombak dari suatu kedai kopi, barista juga perlu memiliki pengetahuan dan keahlian untuk meracik berbagai varian minuman kopi. Maka dari itu, jika ingin menjadi barista pemula hingga profesional perlu pemahaman tentang beberapa tugas barista yang wajib dilaksanakan.

Baca lainnya  Kenali Berbagai Jenis Blender Profesional dari MADIN

Membuat Kopi yang Enak

Menjadi Barista membuat kopi via freepik ala duniamasak
Barista membuat kopi via freepik

Tentu, tugas wajib seorang barista adalah meracik minuman dari biji kopi hingga menghasilkan segelas kopi yang nikmat. Tidak hanya menyeduh kopi menggunakan mesin, namun barista juga perlu mempunyai kemampuan dalam menyeduh secara manual. Tubruk, plunger, dan pour over adalah metode manual yang paling sering digunakan di kedai kopi pada umumnya. Selain membuat kopi, pada mulanya barista juga perlu memilih biji kopi yang berkualitas untuk membuat seduhan kopi terbaik.

Merawat Mesin Kopi dan Perlengkapannya

Setelah memiliki keahlian dalam membuat kopi dengan baik, selanjutnya tugas barista adalah merawat mesin kopi beserta dengan perlengkapannya. Tentu dua hal ini sangat berkaitan dengan rasa kopi yang akan dihasilkan. Mulai dari cangkir hingga mesin kopi perlu dirawat oleh sang barista agar tetap menopang pekerjaannya. Selain itu, perlengkapan terkait kopi juga bisa digunakan untuk atraksi yang akan disaksikan oleh pelanggan. Banyak kedai kopi yang menempatkan meja bar beserta berbagai macam alat seduh di dekat pintu masuk ataupun di tengah ruangan. Hal ini sengaja dilakukan agar pelanggan bisa melihat aksi meracik sang barista yang pastinya menarik dan memukau.

Baca lainnya  4 Tanaman Dapur yang Dapat Tumbuh Subur di Pot Kecil

Menjaga Kebersihan Bar

Tidak hanya merawat mesin dan perlengkapan, namun jangan sampai etalase bar kedai kopi tidak dijaga. Setiap hari dan setiap waktu, pasti seorang barista akan banyak menghabiskan waktu di meja bar. Selain menjadi meja yang dipakai dalam terjadinya transaksi, meja bar ini merupakan meja bekerja sang barista dimana akan terjadi peracikan kopi yang berkualitas. Kebersihan meja bar sangat mempengaruhi pemandangan kedai kopi sehingga barista perlu menjaganya agar dapat bekerja lebih efektif dan efisien.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!