Tips Ampuh Cara Memotong Bahan Makanan Bagi Kamu Sang Pemula!

Bingung cara memotong?
Share artikel ini:

Hallo sahabat Duma! Apa kamu termasuk seseorang yang ingin memasak tapi masih kaku dalam memotong? Jangan khawatir, berikut DuniaMasak akan berbagi tips bagi kamu yang masih belajar bagaimana cara memotong bahan masakan. Demi mempercepat proses memasakmu, teknik potong yang tepat harus kamu pelajari. Apalagi ternyata bentuk potongan akan memengaruhi cita rasa makananmu lho. Cita rasa yang sedap dengan tampilan yang menarik adalah tujuan utama kita dalam menyajikan makanan.

Pisau bermaterial stainless terbaik via DuniaMasak.com

Pisau bermaterial stainless terbaik via DuniaMasak.com

Hal paling utama, kamu haruslah menggunakan pisau yang benar-benar tajam. Nah berikut beberapa macam teknik memotong yang dapat kamu pelajari di rumah.

 

Cara Memotong Tap Chop (Hentak)

Teknik Tap chop via lifestyle.okezone.com

Teknik Tap chop via lifestyle.okezone.com

Teknik memotong yang satu ini sangat mudah dilakukan. Teknik potong ini sangat cocok untuk pengirisan bahan makanan seperti bawang, mentimun, paprika, dll. Terkadang, kita seringkali salah kaprah dalam melakukan teknik ini. Ya, sebenarnya teknik ini dilakukan dengan menghentakkan pisau naik turun tanpa ada bagian pisau yang menempel pada papan potong, namun tetap sejajar dengan ruas jari kedua.

Baca lainnya  Hai Bunda, Ini Lho 7 Peralatan Dapur Modern yang Memudahkan Kegiatan Memasak Bunda!

Kamu harus hati-hati ya, perlu diperhatikan bahwa ujung jari harus  dibengkokkan ke dalam agar tidak ikut terpotong. Ruas jari keduamu menjadi pengendali arah pisau untuk memotong. Semakin sering kamu melakukan teknik ini dan melatihnya, maka semakin mudah dan bahkan bisa dilakukan tanpa perlu melihat bahan lagi lho sahabat duma!

Cara Memotong Row Chop (Dayung)

Teknik Row Chop via www.ketahui.com

Teknik Row Chop via www.ketahui.com

Nah, pada teknik yang satu ini sering digunakan untuk memotong bahan yang sedikit keras. Bagian pisau pada bagian ujung pisau akan menyentuh papan potong. Gerakannya seperti mendayung mengikuti bentuk pisau. Cara memegang komposisi tetap sama namun gerakan mendayungnya yang berbeda, dan dengan teknik ini maka suara pukulan antara pisau dan papan potong akan terdengar jelas. Kamu bisa mempraktekkannya langsung di dapur. Dalam teknik ini, tangan yang memegang bahan masih dengan posisi yang sama dengan yang di atas.
 

Cara Memotong Cross Chop (Silang)

Teknik Cross Chop via Detikfood.com

Teknik Cross Chop via Detikfood.com

Teknik terakhir yang wajib kamu pelajari adalah teknik silang. Teknik ini biasanya digunakan untuk mencincang, misalnya mencincang bawang, daging, dll. Bagi kamu yang hobi memasak sudah tidak asing lagi dengan teknik ini. Gerakannya adalah tangan kiri (normal) di atas bagian tumpul pisau, tangan kanan menggerakkan pisau naik turun mengikuti bentuk pisau. Teknik ini akan mengarah setengah lingkaran sehingga menyilangi bahan yang sedang dicincang, Semakin rapat putarannya, semakin halus pula bahan yang kamu cincang.

Baca lainnya  Cake Showcase yang Tepat untuk Mempercantik Toko Kuemu

Bagaimana sahabat duma? Teknik memotong ini bisa kamu aplikasikan untuk mengiris sayuran hingga daging. Selamat mencoba teknik memotong ya! Happy Cooking!

 

Share artikel ini:

One thought on “Tips Ampuh Cara Memotong Bahan Makanan Bagi Kamu Sang Pemula!”

  1. Pingback: Bingung Bagaimana Memilih Pisau yang Bagus? Simak Tips Berikut ya!
  2. Trackback: Bingung Bagaimana Memilih Pisau yang Bagus? Simak Tips Berikut ya!

Yuk bahas artikel ini!