Tips Berpuasa Bagi Ibu Menyusui!

Berpuasa Bagi Ibu Menyusui via freepik ala tim duniamasak.com

Pertanyaan ini sering timbul dibenak para ibu yang sedang menyusui. Apakah aman apabila berpuasa bagi ibu menyusui? Apakah ada dampaknya pada produksi ASI ketika sang ibu berpuasa? Dari sisi medis, umumnya tidak disarankan untuk berpuasa ketika menyusui dikarenakan adanya potensi kekurangan nutrisi maupun dehidrasi yang diakibatkan dari pola makan yang berubah. Namun, ada beberapa cara yang dapat sahabat Duma ikuti agar tetap dapat berpuasa bagi ibu menyusui. Yuk kita simak!

Bagaimana Cara Berpuasa Bagi Ibu Menyusui?

Berpuasa Bagi Ibu Menyusui via freepik ala tim duniamasak.com
Ibu dan bayi via freepik

Berpuasa bagi ibu menyusui sebaiknya lebih diperhatikan lagi jenis dan asupan makanan serta minuman yang dikonsumsi ketika sahur maupun berbuka puasa. Hal itu dikarenakan agar kesehatan sang ibu tetap terjaga dan dapat menjalani puasa dengan lancar. Berikut ini adalah tips berpuasa bagi ibu menyusui:

Mengonsumsi makanan yang bernutrisi ketika sahur

Sahur adalah salah satu bagian terpenting agar dapat menjalankan puasa seharian penuh. Pilihan makanan dan minuman yang benar-benar tepat akan dapat memberikan energi yang cukup serta dapat membantu menjaga produksi ASI. Sebaiknya para ibu mengonsumsi makanan yang bernutrisi seperti telur, oatmeal, dan mineral agar dapat menjaga produksi ASI.

Baca lainnya  Cara Membersihkan Grill Pan dengan Cara Praktis Ini agar Tetap Awet

Menjaga hidrasi

Tak kalah pentingnya, hidrasi juga menjadi bagian yang sama pentingnya bagi ibu yang menyusui. Sebaiknya sahabat Duma mengonsumsi air mineral kurang lebih 3 liter diantara berbuka dan juga ketika sahur. Hal itu agar dapat menggantikan cairan yang hilang ketika berpuasa penuh. Minuman manis dan juga yang mengandung kafein sebaiknya dihindari agar terhindar dari dehidrasi.

Mengonsumsi suplemen tambahan

Mengonsumsi suplemen tambahan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Suplemen tambahan dapat membantu meningkatkan energi dan juga nutrisi serta dapat meningkatkan produksi ASI.

Menjaga asupan makana ketika berbuka puasa

Ketika berbuka puasa biasanya kita menyajikan makanan manis dan juga tinggi lemak, diantaranya adalah kue dan gorengan. Sebaiknya para ibu menyusi menghindari makanan-makanan tersebut. Pilihlah makanan yang mengandung gizi yang baik dan gampang dicerna oleh tubuh, seperti ikan, buah-buahan, sup dan juga kacang-kacangan. Maish banyak lagi makanan yang sehat dan juga lezat yang dapat menjadi pilihan sahabat Duma untuk berbuka puasa.

Baca lainnya  Cabe Terpedas Di Dunia, Berani Coba?

Pehatikan kondisi ibu menyusui

Sebaiknya tidak melanjutkan berpuasa ketika ibu menyusui mengalami haus yang berlebihan, pusing, letih lesu, produksi urin sedikit dan juga pingsan. Ketika hal tersebut terjadi, sebaiknya istirahat dan minum jus buah murni. Hubungi dokter bila belum merasa baik agar mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Perhatikan kondisi bayi

Ketika berpuasa perhatikan juga kondisi sang bayi. Apabila mengalami perubahan perilaku seperti menangis yang tidak berhenti, feses berwarna kehijauan, berat badan turun sebaiknya sahabat Duma tidak melanjutkan puasa dan segera hubungi konsultan laktasi untuk membantu mengatasi masalah ASI.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!