Tips dan Trik Mengolah Petai Agar Tidak Bau

Tips mengolah petai pete agar tidak bau via freepik ala duniamasak

Bagi para ibu-ibu, pasti sudah tidak asing dengan bahan makanan ini. Ya, petai atau pete ini biasanya disandingkan dengan jengkol untuk disantap secara bersamaan. Keduanya memang terkenal dengan kenikmatannya namun juga populer dengan baunya. Pertama-tama, tim Duniamasak.com akan membahas tentang petai. Penyebab biji petai bau adalah karena kandungan asam amino yang mengandung unsur sulfur dan akan menghasilkan satu gas hidrogen sulfida yang sangat bau. Maka dari itu, tim Duniamasak.com ingin memberikan tips dan trik bagaimana cara mengolah petai agar tidak bau saat dikonsumsi. Simak penjelasannya di bawah ini!

4 Tips dan Trik Mengolah Petai

Tips dan trik mengolah petai agar tidak bau via freepik ala duniamasak
4 Trik dan tips mengolah petai agar tidak bau via freepik

Merebus Petai

Teknik pertama adalah dengan cara merebus petai dan sertakan juga kulitnya hingga teksturnya layu dan empuk. Cara ini mampu mengurangi bau yang dihasilkan dari petai serta dapat menghasilkan tekstur yang lembut saat disantap. Setelah petai direbus, diamkan terlebih dahulu baru kemudian dipakai menjadi hidangan makanan.

Baca lainnya  Memilih Mesin Espresso yang Terbaik untuk Kebutuhanmu

Mengukus Petai

Cara kedua ini sebenarnya sudah cukup populer di kalangan ibu-ibu. Ya, dengan mengukus petai niscaya akan ampuh menghilangkan bau tidak sedap. Selain itu, petai juga akan terasa lebih gurih setelah direbus. Sama seperti dengan teknik rebus, tekstur petai juga akan lebih lembut untuk dimakan atau untuk diolah menjadi hidangan yang spesial.

Membakar Petai

Bagi yang sering berkunjung ke tempat makan yang menyediakan ayam bakar, pasti juga akan ada menu petai bakar. Nah, ternyata proses pembakaran ini bisa menghilangkan bau pada petai sehingga bisa dinikmati dengan lebih nyaman. Caranya adalah hanya tinggal bakar petai bersama dengan kulitnya.

Menggunakan Air Garam

Cara terakhir adalah dengan menggunakan air garam. Tekniknya adalah hanya dengan merendam biji petai yang telah dikupas dari kulitnya ke dalam air garam. Diamkan selama 25 menit kemudian baru diolah menjadi masakan yang enak. Air garam dipercaya dapat mengurangi bau petai serta menambah rasa gurih saat dikonsumsi.

Baca lainnya  Intip Ragam Tepung dan Kegunaannya Dalam Berbagai Bahan Makanan
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!