Tips Membuat Cupcake Enak Disajikan Sempurna

Yuk Membuat Cupcake Homemade via www.rightdirectory.info

Hai sahabat duma! Kamu sudah pernah membuat cupcake? Sering mengalami kesulitan? Semisal adonan terlalu lembek dan membuat kertas cupcake mu menarik adonan terlalu banyak? Ya, semua permasalahan itu sering kali terjadi jika ingin membuat cupcake enak. Kamu nggak perlu khawatir, berikut tim duma punya solusinya nih. Simak tipsnya ya!

Membuat Cupcake Enak Anti Gagal, Berikut Tipsnya!

Membuat Cupcake via pixabay.com

Membuat Cupcake via pixabay.com

Teknik Memanaskan Oven

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam membuat cupcake adalah suhu oven. Pernah mengalami adonan kue yang undercook atau masih encer? Nah, hal ini dikarenakan kesalahan dalam memanaskan oven. Memanaskan oven sebelum adonan masuk itu penting agar cupcake terpanggang sempurna. Panaskan oven dalam suhu 180 derajat Celcius terlebih dahulu, kemudian kamu siap untuk melakukan tahap selanjutnya.  Jika oven belum terlalu panas dengan suhu tersebut, gunakan termometer masak untuk memastikan suhu oven 180 deraat Celcius ya!

Baca lainnya  Cara Mengolah Ikan untuk Menjaga Gizinya

Pastikan Bahan Adonan dalam Suhu Ruang

Sama halnya dengan kue lainnya, cupcake juga menggunakan bahan-bahan kue dasar seperti telur, tepung terigu, mentega, gula, dan lain-lain. Kuncinya adalah ikuti resep, jangan menerka-nerka adonan. Kemudian bahan-bahan tersebut sudah bersuhu ruangan ketika dicampur, terutama telur dan mentega. Caranya adalah keluarkan bahan-bahan yang disimpan di kulkas dan diamkan selama kurang lebih 1-2 jam. Kalau ingin cepat, rendam telur dalam air hangat selama 5 menit dan potong mentega jadi kecil-kecil dan diamkan di atas piring beling.

Aduk Adonan Hingga Soft Peak

Adonan yang terlalu lama diaduk dapat membentuk banyak gluten. Akibatnya, cupcake- mu akan  menjadi bantat dan permukaan cupcake bisa pecah saat keluar dari oven nanti. Lain halnya kalau terlalu sebentar diaduk, tekstur cupcake pasti mudah pecah dan crumbly. Oleh karena itu, gunakan kecepatan lambat pada mixer dan fokus!

Baca lainnya  Selain Wortel, Berikut 5 Makanan Sehat yang Baik untuk Mata

Gunakan Kertas Cupcake untuk Mencetak Adonan

membuat cupcake via duniamasak

Kertas Cupcake Motif via duniamasak

Porsi untuk satu cupcake khusus untuk satu orang. Ketika salah memasukkan adonan ke cetakan, cupcake bisa jadi tidak sama tinggi. Nggak perlu cemas, masukkanlah adonan setengah penuh dalam sebuah cetakan cupcake, lalu panggang satu cetakan tersebut.

Jangan Terlalu Sering Membuka Oven saat Memanggang

Hindari kebiasaan untuk membuka oven dan cek adonan. Udara dari luar dapat menghambat pengembangan cupcake, meskipun kamu hanya mengintip dengan celah kecil. Nah agar waktunya sesuai, gunakan timer selama memanggang cupcake daripada kamu ragu dan harus membuka-tutup oven.

Biarkan Cupcake Dingin Sebelum Dihiasi

Setelah mengeluarkan cupcake dari oven, jangan langsung dihias ya. Diamkan dulu sampai cupcake jadi dingin, karena kue yang panas bisa bikin buttercream meleleh dan jatuh (tidak frosting).

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!