Tips Memilih Talas Hingga Resep Praktis Membuat Talas Bogor

Share artikel ini:

Bogor Kota Kuliner

Hallo sahabat duma! Siapa sih yang nggak kenal dengan kota Bogor? Selain terkenal dengan kota hujan, kota ini juga terkenal dengan kota kuliner. Banyak banget kuliner yang bisa kamu icip-icip selagi berkunjung ke kota ini. Dimulai dari asinan jagung bakar Bogor, Bapatong Bogor, Cungkring Bogor, hingga Talas Bogor.

Wisata Kuliner Bogor Via tanyawisata.com

Bogor juga dijuluki sebagai kota talas dikarenakan talas merupakan hasil pertanian dari kota ini. Talas Bogor memiliki ciri khas berupa ukuran yang besar dan sedang, lembut dan gurih. Talas Bogor masih banyak ditemukan di kota Bogor dan sekitarnya sampai saat ini. Biasanya talas Bogor dijual dalam bentuk ikatan. Hampir semua bagian talas dapat diolah menjadi makanan. Daun talas dipakai untuk membuat ‘buntil’, batangnya dibuat untuk sayur, namun talas Bogor terkenal karena umbinya. Umbinya bisa diolah menjadi kue talas Bogor.

Jika kamu berkunjung ke kota ini, kamu wajib membawa oleh-oleh kue talas Bogor. Selain menjadi kudapan wajib ketika ke kota bogor, oleh-oleh ini juga tahan lama. Jadi sangat cocok deh buat buah tangan untuk keluarga di rumah. Namun, ada berapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk mendapatkan talas dengan kualitas terbaik. Bagaimana cara memilihnya? Yuk simak penjelasan duniamasak berikut.

Baca lainnya  7 Tips Jitu Bisnis Cake dan Bakery ala Dunia Masak

Tips Memilih Talas Bogor

Talas Via www.khasiat.co.id

Talas Berkualitas Harus Matang


Talas dengan kualitas yang baik adalah talas yang matang. Jika dilihat secara fisik, daging talasnya sudah berwarna agak keabu-abuan. Kemudian, saat buah talas dicium, maka wangi umbinya akan terasa. Ukuran talas relatif, ada yang besar tapi ada juga yang kecil yang sudah matang.

Tidak Terasa Gatal Saat Dimakan

Talas Via akardanumbi.blogspot.co.id

Ciri utama dari talas dengan kualitas terbaik yaitu tidak akan terasa gatal saat dimakan. Artinya, kandungan getahnya sudah tidak ada. Sebelum diolah harus dicuci bersih dulu agar tidak ada getahnya. Kulitnya dibersihkan lalu dicampur garam secukupnya saat dicuci. Talas ini, paling sering diolah dengan cara direbus atau dikukus. Talas juga sering dijadikan adonan tepung untuk membuat kue: seperti kue lapis Bogor. Lembut, manis dan empuk mungkin itu adalah kata-kata yang tepat untuk sebutan kue lapis talas Bogor. Warga kota Bogor sendiri juga tidak ada bosan-bosannya menikmati kue lapis Bogor.

Bagi kamu yang doyan banget dengan kue talas Bogor, tapi capek bolak-balik ke Bogor, kamu simak resep praktis dari DuniaMasak nih. Setelah kamu selesai memilih talas Bogor kualitas terbaik, memasak kue talas Bogor pun dimulai!

Resep Membuat Talas Bogor

Kue Lapis Bogor via Lazada

BAHAN-BAHAN:

Baca lainnya  The Holy Crab, Surganya Makanan Laut yang Harus Kamu Coba!
175 gram Margarine 100 gram Keju Parut
150 gram Gula Pasir 90 gram Minyak Goreng
100 gram Tepung Talas 4 butir Telur
100 gram Tepung Terigu 2 tetes Pewarna Kuning
100 gram Butter Cream 1 sdt Pasta Talas
50 gram Susu Bubuk 1 sdt Baking Powder
CARA MEMBUAT:
  1. Pertama kocok telur, gula dan baking powder hingga kental.
  2. Kemudian campurkan tepung talas dan tepung terigu dengan sedikit demi sedikit hingga semua bahan merata.
  3. Kemudian tambahkan mentega, minyak goreng dan pewarna kuning 2 tetes, aduk kembali hingga merata.
  4. Siapkan loyang ukuran 25 x 10 yang dialasi dengan kertas roti dan diolesi dengan sedikit mentega, lalu tuang adonan kue lapis talas ke dalam loyang hingga 1/4 tinggi loyang. Selanjutnya kukus kurang lebih selama 15 menit hingga adonan setengah matang.
  5. Masukkan sisa adonan tadi yang sudah ditambahkan dengan pasta talas dan sudah diaduk secara merata kedalam loyang yang berisi lapisan pertama. Selanjutnya kukus lagi sekitar 30 menit hingga kue lapis talas matang, angkat lalu dinginkan.
  6. Terakhir olesi permukaan kue lapis talas bogor dengan butter cream hingga merata, lalu taburi dengan keju parut. Kue lapis talas bogor siap untuk disajikan.

Bagaimana sahabat duma? Siap untuk mencoba? Semoga bermanfaat ya! Dishare yuk!

 

 

 

 

 

 

Share artikel ini:

Yuk bahas artikel ini!