Tips Memulai Bisnis Beras Agar Lebih Berhasil

Bisnis beras via freepik ala duniamasak

Beras adalah suatu bagian dari bulir padi atau gabah yang telah dipisahkan dari sekam. Beras akan diolah menjadi nasi yang bisa dibilang merupakan makanan pokok rakyat Indonesia. Beras pun mempunyai banyak jenis mulai dari beras putih, merah, hitam, dan lainnya. Karena jenisnya yang beragam, banyak orang yang menjual beras dan dijadikan bisnis yang serius. Bisnis beras sangatlah menjanjikan karena setiap orang pasti membutuhkannya setiap hari. Asalkan pintar mengelola dan merawat beras dengan benar, maka bisnis ini pun akan berhasil dan tentunya akan sangat menguntungkan. Maka dari itu, Duma ingin memberikan tips memulai bisnis beras agar lebih berhasil dengan mengikuti langkah berikut ini:

Tips Memulai Bisnis Beras

Mempunyai ilmu dasar bisnis sembako

Beras merupakan salah satu dari sembilan bahan pokok. Dengan hal tersebut, maka banyak orang memanfaatkan momen dengan menjadi produsen beras. Ilmu dasar yang perlu diketahui akan dijabarkan dengan poin poin di bawah ini mulai dari memilih agen yang terpercaya hingga memilih target pasar yang tepat. Selain itu, tentukan juga kuantitas beras yang ingin dijual seperti kiloan atau dalam karung ukuran 5 kg hingga 10 kg agar memudahkan konsumen dalam memilih.

Baca lainnya  Perawatan Mudah Untuk Peralatan Masak Teflon

Miliki agen yang terpercaya

Perlu adanya modal untuk membangun bisnis ini atau jika modal terbatas, maka bisa mengambil pasokan dari agen atau distributor. Selain modal yang tidak terlalu banyak, hal ini juga dilakukan agar beras tidak menumpuk di gudang yang malah akan menyebabkan kerugian. Maka dari itu, pilihlah agen yang mempunyai lokasi dekat dengan wilayah bisnismu sehingga akan menghemat biaya dan waktu pengiriman. Pilih juga agen yang mempunyai harga terjangkau dengan kualitas terbaik.

Tentukan beras dengan kualitas terbaik

Jenis beras untuk bisnis via freepik ala duniamasak
Jenis beras untuk bisnis via freepik

Jika sudah memilih agen yang terpercaya, pasti agen akan menyediakan berbagai macam beras dengan beragam kualitas yang tersedia. Tidak hanya beras dengan karakteristik putih dan pulen, namun juga harus baik dalam pemeliharaan dan kualitasnya. Beras perlu bebas dari kutu, tidak terlalu putih, dan tentunya bersih. Beras tidak perlu terlalu putih karena justru yang berlebihan akan berbahaya untuk dikonsumsi. Selain itu, tentukan juga jenis beras yang ingin dijual seperti beras putih, beras merah, dan beras hitam.

Baca lainnya  Berikut Bagian Sapi yang Bisa Kamu Jadikan Olahan Makanan Lezat

Pilih target pasar yang tepat

Dalam menjalankan bisnis apapun, pasti perlu memilih target pasar yang tepat. Dengan mengetahui pasar yang sesuai, maka pebisnis akan lebih mudah untuk menentukan harga dan siapa pembeli potensial yang akan membeli beras tersebut. Poin-poin terpenting dalam memilih target yang benar adalah perlu fokus terhadap kelompok tertentu dan strategi pasaran harus tepat sasaran agar mempermudah dalam membuat konten dan pemasaran beras.

Hitung keuntungan dengan benar

Pemilihan produk yang baik dan pelayanan yang bagus, tidaklah cukup jika tidak diimbangi dengan harga yang terjangkau. Terkadang di satu waktu, beras akan mengalami kenaikan dan penurunan harga. Maka dari itu, perlu adanya pemantauan harga dari pasar nasional serta dari para pesaing. Untuk para pemula, biasanya bisnis tidak akan mengalami keuntungan yang besar diawal. Bahkan ketika permulaan, pebisnis perlu untuk mengeluarkan biaya lebih untuk promosi. Maka dari itu, perlu adanya perhitungan yang matang dari segala aspek mulai dari awal membangun bisnis hingga bisnis itu berjalan dengan lancar.

Demikian tips untuk memulai bisnis beras dari Duniamasak.com, semoga bisnismu sukses selalu dan apapun keadaannya tetaplah semangat! ๐Ÿ˜€

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!