Tips Menggunakan Kompor Tanam yang Benar Bagi Kamu Para Pemula!

Tips Menggunakan Kompor Tanam via freepik ala tim duniamasak.com

Tips menggunakan kompor tanam. Berkembangnya teknologi dan gaya hidup modern diikuti oleh ragam pilihan perabot rumah tangga. Salah satu perabot rumah tangga yang telah berkembang dari segi bentuk dan fungsinya adalah kompor. Jika dahulu kompor yang biasa kita tahu adalah kompor minyak dan kompor gas dengan bentuk yang besar dan memakan tempat, maka kita harus mengenal pilihan baru kompor rumah tangga dalam bentuk yang lebih modern dan minimalis yaitu kompor tanam.

Secara fungsi, kompor tanam memiliki fungsi yang sama dengan kompor-kompor pendahulunya. Hanya saja, kompor tanam memiliki profil yang lebih tipis dan ramping sehingga dapur akan tampak lebih rapi. Selain itu, kompor tanam memiliki kelebihan lain yaitu fitur-fitur yang lebih canggih dan memudahkan seperti timer dan program mematikan panas secara otomatis agar masakan kita tidak gosong.

Tips Menggunakan Kompor Tanam yang Benar Bagi Pemula

Cara menggunakan kompor tanam Kompor Tanam Gas ROBAM B978 via duniamasak.com
Kompor Tanam Gas ROBAM B978 via duniamasak.com

Banyak orang yang ingin beralih dari kompor minyak atau kompor gas konvensional kepada kompor tanam karena berbagai alasan. Beberapa alasan yang sering dijumpai adalah karena desain kompor tanam yang minimalis sehingga dapur akan tampak lebih rapi. Namun, ada beberapa orang yang masih ragu menggunakan kompor tanam karena tidak mengetahui cara menggunakan kompor tanam yang benar, mulai dari tahap memasang, menggunakan dan merawat. Berikut ini adalah tips menggunakan kompor tanam yang benar bagi para pemula yang tertarik untuk mengganti kompor konvensional kepada kompor tanam yang hadir dengan gaya lebih modern.

Baca lainnya  UDUK BRO, Pelopor Warung Uduk Hedon Jaman Now

Memasang Kompor Tanam

Pada tahap pemasangan, pertama-tama yang harus dilakukan adalah membuat hob atau space berbentuk lubang seukuran kompor tanam yang hendak dipergunakan.

Memasang Bahan Bakar Kompor Tanam

Setelah kompor terpasang, maka pipa gas dan alat-alat lainnya bisa dipasang dan diletakkan di bagian bawah meja, sehingga tidak akan terlihat dari luar agar dapur tampak lebih rapi. Selain gas, ada juga beberapa kompor tanam yang menggunakan bahan bakar listrik atau induksi

Menggunakan Kompor Tanam

Cara menggunakan kompor tanam sebenarnya sama saja dengan kompor konvensional. Kompor tanam dilengkapi dengan alat pemantik dan burner atau tungku. Yang membedakan adalah jika pada kompor gas konvensional kita hanya melihat maksimal dua atau tiga tungku, maka kompor tanam bisa memiliki empat hingga lima tungku sehingga kegiatan masak-memasak menjadi lebih efektif secara waktu. Selain itu, fitur timer dan alarm pada beberapa merk kompor tanam akan semakin memudahkan kita dalam kegiatan masak-memasak.

Baca lainnya  Resep Olahan Jamur ini Nggak Akan Buat Kamu Bosan!

Merawat Kompor Tanam

Merawat kompor tanam pada dasarnya sama dengan merawat kompor biasa, Membersihkan kompor tanam dengan kain lap khusus berbahan lembut agar tidak tergores adalah pilihan yang disarankan agar tidak menggores badan kompor yang biasanya terbuat dari bahan sejenis kaca. Selain itu, membersihkan area tungku pada kompor tanam juga perlu dilakukan agar kompor tetap bersih dan tidak cepat rusak. Melakukan pembersihan pada kompor tanam mesti dilakukan dengan seksama sebab kompor tanam memiliki tombol-tombol yang lebih sensitif dan beresiko error jika kita kurang berhati-hati dalam membersihkannya.

Demikian tips menggunakan kompor tanam yang benar untuk para pemula. Semoga artikel ini bermanfaat bagi siapapun yang berencana mengganti kompor konvensional kepada kompor tanam yang lebih modern, rapi dan elegan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!