Tips Menjaga Kesehatan Saat Liburan

Menjaga kesehatan liburan via freepik ala duniamasak

Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk berlibur bersama keluarga dan kerabat terdekat. Ada yang pergi ke luar kota atau ke luar negeri, ada yang berkunjung ke mall atau pantai, ada juga yang diam di rumah dan menghabiskan waktu untuk beristirahat sejenak agar melepas penat. Beragam kegiatan tersebut, walau di waktu libur pasti akan membutuhkan energi juga. Mulai dari pagi hari bersiap-siap untuk berpergian hingga malam hari bersantap ria bersama rekan di luar rumah. Bagaimana cara agar tubuh tetap bugar dan bisa menikmati liburan dengan nyaman? Yuk simak tips menjaga kesehatan saat liburan ala Duniamasak.com.

Menjaga Kesehatan Saat Liburan

Menjaga cairan dalam tubuh

Menjaga cairan dalam tubuh via freepik ala duniamasak
Menjaga cairan dalam tubuh via freepik

Mungkin sebagian besar kegiatan akan lebih banyak dilakukan saat liburan dibandingkan ketika bekerja. Mulai dari pagi hari akan berangkat dari satu kota ke kota lain hingga malam hari dan tak jarang juga bergadang untuk bisa bercengkrama dengan orang tersayang. Maka dari itu, penting agar tubuh tetap terhidrasi. Bawa botol air minum sendiri ketika berpergian maupun di tempat menginap. Selain hemat dan mengurangi sampah plastik, dengan mengonsumsi air yang cukup juga bisa memberikan energi yang baik bagi tubuh dan tentunya mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Baca lainnya  Cara Memilih Cutlery Set ala Tim Duniamasak.com

Melindungi tubuh

Melindungi tubuh via freepik ala duniamasak
Melindungi tubuh via freepik

Tidak hanya ketika berpergian ke pantai, namun setiap saat perlu untuk melindungi kulit. Sebelum beranjak keluar dari tempat penginapan, gunakanlah sunscreen terlebih dahulu agar memproteksi kulit tubuh dan wajah dari cahaya matahari. Jika sedang berlibur ke tempat yang agak panas dan mungkin terdapat berbagai serangga seperti hutan atau pantai, bawalah lotion anti-serangga untuk menghindari gigitan dan melindungi kulit agar tetap mulus.

Menjaga kebersihan tangan

Menjaga kebersihan tangan via freepik ala duniamasak
Menjaga kebersihan tangan via freepik

Selain wajah dan tubuh, cara mudah untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjaga kebersihan tangan. Mungkin terlihat simple, namun inilah yang biasanya menjadi sarang kuman. Agar mencegah hal tersebut, cucilah tangan sebelum makan dan setelah beraktivitas untuk mencegah menempelnya kuman. Jika perlu, bawalah juga tisu basah atau hand sanitizer di dalam tas kemana pun berpergian untuk membersihkan tangan dengan mudah dan praktis.

Baca lainnya  Resep Jus Mentimun Lemon, Minuman Diet Sehat

Hindari makan berlebihan

Hindari makan berlebihan via freepik ala duniamasak
Hindari makan berlebihan via freepik

Biasanya, saat liburan akan menjadi waktu untuk pembalasan dendam makan alias akan makan apa saja yang nikmat di depan mata. Namun jika semuanya dilahap, apakah akan baik untuk kesehatan? Saat berlibur, penting diingat untuk menjaga porsi makan apalagi ketika berhadapan di meja buffet hotel. Pilihlah hidangan yang baik dan bernutrisi agar membantu untuk mencukupi energi dalam berkegiatan sehari-hari selama liburan. Selain itu, perhatikan juga pilihan makanan mentah seperti salad atau seafood yang mungkin cukup beresiko jika tidak dimasak dengan baik oleh resto yang dikunjungi.

Perbanyak konsumsi buah

Menjaga kesehatan saat liburan Perbanyak konsumsi buah via freepik ala duniamasak
Perbanyak konsumsi buah via freepik

Jika tidak boleh kalap dengan makan berlebihan, kali ini bisa diakali dengan makanan lain yaitu buah. Pilihlah buah yang memiliki kandungan kaya vitamin seperti vitamin C. Saat makan, konsumsilah buah yang kaya vitamin C seperti jeruk, lemon, kiwi dan buah naga. Sistem imun yang kuat sangat dibutuhkan agar tubuh tetap sehat dan tidak jatuh sakit saat berlibur. Dengan mengonsumi buah yang kaya vitamin, diharapkan dapat menyehatkan tubuh dan membuat semangat semasa liburan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!