Tips Menyajikan Pie Buah Agar Tidak Mudah Lembek

pie buah agar tidak mudah lembek via freepik ala tim duniamasak.com

Pie memang termasuk camilan yang cocok disajikan kapan saja. Saking populenya pie banyak sekali oleh-oleh khas daerah yang menjadikan pie sebagai makanan khas yang wajib dibawa pulang setelah berkunjung. Pie yang umumnya terkenal di Indonesia memiliki bentuk yang menyerupai mangkuk dengan topping buah ataupun susu hingga cokelat. Pie buah adalah pie yang banyak diminati, dengan isian berbagai macam buah tropis membuat pie buah sangat segar dan lezat untuk dinikmati. Untuk menyajikan pie buah agar tidak mudah lembek, ternyata ada caranya lho yuk disimak!

Tips Menyajikan Pie Buah Agar Tidak Mudah Lembek

pie buah agar tidak mudah lembek via freepik ala tim duniamasak.com
Pie buah via freepik

Pie buah serta diampingi teh hangat, wah rasanya pasti sangat enak dan mengenyangkan. Walaupun terlihat mudah cara membuatnya, ternyata untuk menciptakan pie buah dengan tekstur dan buah yang tidak lembek ada triknya lho sahabat Duma. Apa saja ya? Yuk cari tahu dibawah ini!

Baca lainnya  Manfaat Buah Strawberry Bagi Kesuburan Pria & Wanita

Remahan Roti

Remahan roti ataupun biskuit dapat menahan cairan yang ada pada buah dan dapat menghindari kulit pie menjadi basah. Halus biskuit atau roti dan pastikan benar-benar kering, kemudian taburi remahan roti atau biskuit dengan isian buah yang akan digabung dengan kulit pie.

Tepung Maizena

Rahasia dari buah yang tidak mudah lembek saat digabung dengan kulit pie adalah pada cara pengolahan isian buah. Buah yang akan dijadikan topping dimasak menggunakan sedikit tepung maizena dan air. Tepung maiza akan membuat sari-sari buah mengental dan menghindari kulit pie menjadi basah.

Cairan Gula

Bila tepung maizena tidak ada, sahabat Duma dapat menggunakan gula. Campur dan aduk buah yang akan dijadikan isian dengan gula hingga mengeluarkan sari buah. Kemudian masak hingga mengental dengan api yang kecil. Campuran gula dan buah akan menciptakan rasa yang legit dan enak.

Baca lainnya  Perbedaan Timun Jepang dan Timun Zucchini, Simak Penjelasannya!

Cokelat

Selain enak dan menambahkan rasa manis pada kulit pie, cokelat juga dapat berfungsi untuk menahan cairan yang ada pada buah membasahi kulit pie. Cukup lelehkan cokelat kemudian oles secara tipis pada dasar pie dan tunggu hingga membeku kembali. Setelah itu tambahkan topping buah pada pie tersebut.

Kuning Telur

Terakhir, untuk pie buah agar tidak mudah lembek adalah menggunakan kuning telur. Kuning telur dapat juga digunakan untuk menahan sari-sari pada buah. Caranya pun cukup mudah, sebelum adonan pie di panggang, oleskan kuning telur tipis-tipis. Kemudian adonan pie dimasukkan kedalam oven pemanggang, tunggu hingga warna pada adonan berubah menjadi kecokelatan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!