Tips Olahan Cumi Agar Tidak Amis dan Alot Ketika Dimasak

Olahan Cumi Tepung via freepik.com

Sahabat duma, kamu sering mengalami kesulitan untuk mengolah bahan makanan utama seperti cumi? Masakan laut memang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya begitu lezat dan sangat nikmat. Tidak menutup kemungkinan dengan olahan berbahan dasar cumi. Banyak olahan cumi yang bisa kita buat dengan mudah di rumah. Namun, kadangkala ketika mengolahnya sendiri di rumah keadaan cumi tidak sama seperti cumi di restoran seafood. Dimana biasanya cumi masih bau amis atau dagingnya tidak empuk dan masih alot. 

Jika kamu tidak bisa mengolah cumi dengan baik rasa cumi akan amis dan alot ketika dimakan. Sementara penyebab cumi yang alot sampai susah dimakan, yaitu karena cumi terlalu lama dimasak. Hal ini disebabkan karena kandungan protein yang sangat banyak di dalam cumi. Oleh sebab itu, anda harus memperhatikan waktu dan cara memasaknya.

Nah, demi memasak cumi yang enak seperti layaknya di restoran, ada tips tertentu nih yang bisa kamu lakukan untuk mengolah atau membersihkan cumi agar tidak bau amis. berikut tips dari DuniaMasak:

Olahan Cumi Lezat via masakmemasak.com

Olahan Cumi Lezat via masakmemasak.com

Pilihlah Cumi yang Segar

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari bau amis yang menyengat yaitu, kamu harus memilih cumi yang masih dalam keadaan baik/ segar. Cara mengenali cumi yang baik kamu bisa melihat ciri-cirinya seperti mata cumi masih bersih, daging tidak kemerahan, tidak busuk, kulit ari tidak rusak, daging padat dan masih kenyal.

Baca lainnya  Begini Cara Mencuci Beras Agar Vitaminnya Tidak Hilang

Proses Pembersihan yang Benar

Membersihkan cumi dengan baik dan benar akan membuat olahan cumi menjadi lebih lezat dan terhindari dari bau yang tidak sedap. Cara yang harus kamu perhatikan yaitu, bersihkan tinta yang ada pada cumi dengan hati-hati, jangan sampai berceceran atau meluber ke dagingnya. Kemudian, cabut tulang rawannya atau lebih mirip dengan plastik bersihkan kulit ari cumi. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara yaitu dengan mengelupaskan kulit bagian luarnya, lalu bersihkan kotorannya, setelah itu cuci dalam air yang mengalir sampai bersih.

Lumuri Menggunakan Bahan-bahan Penghilang Bau Amis

Selain melakukan proses pembersihan yang benar, kamu juga bisa melumuri cumi tersebut dengan bahan-bahan penghilang amis. Banyak bahan-bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan amis seperti misalkan, parutan jahe, asam jawa atau kamu bisa menggunakan jeruk nipis. Lumuri cumi yang sudah dibersihkan, lalu diamkan sejenak. Baru setelah itu, kamu bisa mencucinya kembali. Kemudian, kamu bisa langsung mengolahnya menjadi hidangan yang begitu lezat. Namun, jangan mendiamkan cumi  yang sudah diberi bahan penghilang amis tersebut terlalu lama karena akan menghilangkan aroma cumi yang sebenarnya.

Baca lainnya  Resep Heni Maria: Oseng Mie Mercon

Cara Memasak Olahan Cumi yang Tepat Agar Empuk dan Tidak Alot

  1. Agar cumi empuk atau tidak alot, maka kamu harus memasak atau mengolah cumi dengan waktu yang singkat. Waktu yang cukup ideal biasanya yaitu hanya 3 menit saja. Jika memang kamu mengolahnya sudah terlanjur lama, maka kamu bisa memasak terus cumi kira-kira sampai 30 menit agar daging cumi tersebut bisa kembali menjadi empuk.
  2. Setelah merebus cumi, maka secepat mungkin harus memasukan cumi ke dalam air dingin. Cara ini bertujuan untuk membuat daging cumi tetap empuk dan tidak alot.
  3. Apabila cumi yang kamu olah dengan cara dibuat sup, maka kamu bisa memasak cumi secara terpisah dari bahan-bahan lainnya.

Bagaimana sahabat duma? Jangan takut lagi untuk mengolah daging cumi ya! Kamu tidak perlu ke restoran mahal untuk menikmati cumi yang enak. Semoga bermanfaat!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!