[TOP 9] Sembako yang Paling Laris di Indonesia

Sembako sembilan bahan pokok via freepik ala duniamasak

Pada setiap bulannya, banyak orang akan berkunjung ke pasar dan membeli kebutuhan bulanan. Mulai dari beras, minyak, daging, hingga bumbu dapur seperti gula dan garam. Di Indonesia, kebutuhan ini disebut dengan sembako. Sembako merupakan singkatan dari Sembilan Bahan Pokok yang biasanya sudah ditetapkan harga acuan untuk pembelian dan penjualannya yang diatur oleh Kementerian Perdagangan. Berikut Sembilan Bahan Pokok yang paling laris di Indonesia yang bisa dicatat untuk setiap daftar belanja bulanan!

Daftar Sembako di Indonesia

Beras

Beras ini akan dimanfaatkan untuk diolah menjadi nasi yang merupakan makanan pokok bagi rakyat Indonesia. Jika sudah diolah menjadi nasi, tentu bisa dimasak menjadi beraneka ragam hidangan, mulai dari nasi goreng hingga menjadi olahan bubur. Beras juga mempunyai banyak jenis; mulai dari beras putih, beras merah, hingga beras hitam. Selain beras, ada juga pengganti makanan yang bisa menghasilkan karbohidrat yang baik untuk tubuh yaitu singkong dan jagung.

Minyak Goreng

Minyak goreng dapat digunakan untuk memasak lauk dengan cara menggoreng atau menumis. Minyak ini dapat digunakan 3-4 kali untuk proses penggorengan. Umumnya, minyak goreng ini berasal dari minyak kelapa sawit. Bisa juga diganti dengan minyak zaitun atau minyak kedelai untuk menggoreng lauk.

Baca lainnya  Produk yang Dihasilkan Lebah dengan Banyak Manfaat

Gula

Di Indonesia, gula berasal dari cairan batang tebu yang merupakan tumbuhan asli dari negeri ini. Gula dapat digunakan dalam mengolah makanan, membuat kue, ataupun membuat minuman. Biasanya, gula yang sering dipakai adalah jenis gula pasir. Selain itu, jenis gula lain yang dapat digunakan adalah gula merah, gula batu, dan gula halus.

Garam

Garam sangat dibutuhkan oleh tubuh namun dalam takaran yang secukupnya. Selain dipakai sebagai bumbu dapur, garam juga bisa digunakan untuk mengawetkan bahan makanan.

Daging

Jika sudah ada nasi, gula, garam serta minyak; waktunya memasak daging untuk lauk. Daging ini bisa berupa sapi, ayam, ikan, dan kambing. Olahan yang paling disukai adalah digoreng ataupun dijadikan rebusan sup.

Baca lainnya  Sering Makan Terlalu Cepat? Ternyata ada Bahayanya Lho!

Telur

Selain mendapat protein dari daging hewani, bisa juga didapatkan dari telur. Banyak olahan telur yang bisa dikreasikan untuk menu bulanan seperti telur mata sapi, telur dadar, hingga omelet. Tinggal ditaburi garam dan lada, maka rasa telur menjadi sangat sempurna.

Sayur dan Buah

Kedua bahan ini merupakan santapan yang paling sehat. Ya, sayur dan buah sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan kaya akan vitamin. Sangat baik untuk menjaga kesehatan selagi berkegiatan setiap hari.

Susu

Setelah selesai makan, biasanya agar lebih menambah energi bisa meminum susu. Susu sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga fungsi otak.

Gas

Bahan bakar dalam menyalakan kompor untuk memasak adalah gas elpiji. Namun tak sedikit juga yang masih memakai minyak tanah dalam proses pengolahan makanan. Setiap bulan pasti bahan bakar ini sangat dibutuhkan dan termasuk yang paling penting.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!